X

Apa itu WiFi 7 ? Cara Kerja dan Kelebihannya

WiFi 7 adalah teknologi nirkabel penerus dari WiFi 6 dan 6E (802.11ax) dan pertama kali diperkenalkan ke publik pada Januari 2024. WiFi generasi ke- 7 berbasis standar IEEE 802.11 menyempurnakan generasi sebelumnya dengan fokus menghadirkan kecepatan lebih tinggi, latensi rendah, dan keandalan yang jauh lebih baik.

WiFi atau biasa ditulis Wi-Fi adalah teknologi jaringan nirkabel berbasis standar IEEE 802.11 yang memungkinkan berbagai perangkat seperti: Laptop, smartphone, tablet, konsol game, hingga smart TV dapat terhubung ke internet. Seiring berkembangnya teknologi, jumlah perangkat yang terhubung ke internet semakin banyak. Tuntutan terhadap kecepatan jaringan WiFi juga semakin tinggi. Inilah yang membuat teknologi WiFi terus berevolusi.

Pada artikel ini, kami akan membahas apa itu WiFi 7? Dimulai dari pengertian, kelebihan, cara kerja, dan perbandingan dari generasi sebelumnya. Semoga bisa membantu Anda untuk memahami tentang pengertian WiFi 7 dan bagaimana cara memanfaatkannya di masa depan.

Apa itu WiFi 7 ?

Wireless Fidelity atau disingkat WiFi adalah teknologi standar nirkabel yang sudah digunakan sejak tahun 1997. WiFi 7 (802.11be) adalah generasi ke-7 dari teknologi WiFi yang diperkenalkan pertama kali pada Januari 2024. Sebagai penerus dari WiFi 6 dan 6E (802.11ax) dan WiFi 5 (802.11ac), WiFi 7 menawarkan peningkatan kecepatan hingga 4.8 kali lebih tinggi dan efisiensi lebih baik berkat bandwidth 320MHz dan modulasi 4K-QAM.

WiFi 7 diluncurkan sebagai solusi dari kebutuhan akses internet yang semakin kompleks. Misalnya dengan berkembangnya teknologi Internet of Things (IoT), semakin banyak perangkat yang butuh koneksi internet, seperti: Vacuum cleaner, kulkas, smart home, dan lainnya. Kebutuhan internet cepat dan latensi rendah belakangan ini semakin dibutuhkan untuk streaming 4K, gaming online, dan Virtual Reality (VR).

Cara Kerja WiFi Generasi 7

Dibanding WiFi 6 dan 6E, WiFi 7 mampu menembus kecepatan data hingga 46 Gbps, atau 4.8 kali lebih cepat dari WiFi 6 yang sebesar 9.6 Gbps. WiFi memanfaatkan bandwidth 320MHz pada pita 6 GHz untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. Bandingkan dengan WiFi 6E yang hanya menggunakan bandwidth 160MHz. Bandwidth yang 2x lebih besar memungkinkan lebih banyak data dan ukuran yang lebih besar untuk dikirimkan dalam waktu bersamaan.

WiFi generasi 7 juga memperkenalkan teknologi modulasi 4K-QAM (4096 QAM) yang lebih besar dari WiFi 6 dan 6E (1024 QAM). Modulasi QAM yang lebih tinggi dapat mengemas sinyal data 20% lebih padat. Dengan begini, Anda bisa upload dan download lebih banyak data dalam jangka waktu yang sama. Jika Anda bingung, QAM bisa dianalogikan sebagai sebuah truk. Truk yang lebih besar bisa memuat barang lebih banyak sehingga lebih efisien waktu ketika proses pengantaran.

Perbandingan WiFi 7, WiFi 6/6E, dan WiFi 5

Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbandingan WiFi 7, WiFi 6/6E, dan WiFi 5:

Fitur Unggulan WiFi 7

Apa saja fitur baru di WiFi 7? Berikut ini penjelasan singkatnya.

Fitur Multi-Link Operation (MLO)

Pada WiFi generasi sebelumnya, transmisi data hanya dibatasi pada satu pita saja misalnya 2.4 GHz atau 5 GHz. Sedangkan, WiFi generasi 7 dapat memanfaatkan banyak pita sekaligus untuk terhubung ke perangkat. Fitur ini dinamakan Multi-Link Operation. Dengan fitur ini, perangkat bisa mengirim dan menerima data secara bersamaan dari banyak pita secara bersamaan. Ketika ada gangguan di salah satu pita, perangkat masih tetap terhubung ke internet.

Multi-Resource Unit (MRU) dan Puncturing

Ketika berada di lingkungan yang padat, jaringan WiFi Anda bisa terganggu oleh sinyal WiFi orang lain. Di WiFi generasi sebelumnya, saluran yang terkena gangguan tidak akan bisa diakses. WiFi 7 menggunakan fitur Multi-Resource Unit dan Puncturing untuk memotong sebagian saluran untuk mengirim data ketika ada gangguan. Metode ini memanfaatkan saluran yang tersisa dan tidak digunakan sehingga semua lebar pita WiFi dapat digunakan secara efisien untuk transmisi data.

Dukungan 16×16 MU-MIMO

WiFi 7 mendukung 16×16 MU-MIMO (Multi-User Multiple Input Multiple Output), lebih besar dari WiFi 6 dan 6E yang masih 8×8 MU-MIMO. Jumlah aliran spasial yang lebih besar meningkatkan kapasitas jaringan. Sekarang, lebih banyak perangkat yang bisa membutuhkan bandwidth besar dapat bekerja lancar secara bersamaan. Beberapa router WiFi 7 kami bahkan bisa terhubung hingga ke 200 perangkat sekaligus.

Manfaat WiFi 7 untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Kecepatan tinggi, latensi rendah, dan efisiensi dalam trasmisi data memberi banyak manfaat, seperti:

Streaming Video Resolusi Tinggi

WiFi 7 adalah solusi tepat untuk aktivitas yang membutuhkan kecepatan transfer data tinggi dan rendah latensi, seperti gaming online dan streaming video 4K atau 8K. Baik content creator atau penonton sama-sama bisa menyaksikan konten di kualitas gambar tajam secara real-time. Tidak ada lagi jeda yang menggangu kesenangan Anda.

Performa Efisien di Lingkungan Padat

WiFi 7 sangat cocok digunakan di area perkantoran, gedung tinggi, banyak sekat, dan banyak sinyal WiFi di tempat berbeda. Teknologi Multi-Resource Unit dan Puncturing dapat mengatasi interferensi sinyal. Dengan begini, setiap user WiFi dapat menikmati kecepatan koneksi yang lebih stabil di semua tempat dan di banyak perangkat.

Perkembangan Internet of Things (IoT)

WiFi generasi ke-7 memungkinkan banyak perangkat IoT bisa terhubung secara bersamaan tanpa menggangu kinerja perangkat lainnya. Teknologi ini sangat penting untuk pengembangan teknologi smart home, smart city, dan industri yang mengandalkan produk dan layanan IoT.

Pengalaman Virtual Reality Lebih Hidup

Koneksi internet nirkabel yang lebih cepat dan stabil membuat pengalaman virtual reality yang lebih mulus. Latensi lebih rendah meningkatkan throughput data. Aplikasi VR atau AR yang rumit memungkinkan game berjalan lebih interaktif. Konektivitas nirkabel juga lebih stabil berkat fitur MLO. Tidak ada lagi kebutuan kabel. Perangkat gaming bisa bekerja maksimal dengan koneksi sepenuhnya nirkabel.

Industri Manufaktur dan Otomasi

Koneksi WiFi generasi 7 bisa diandalkan di lingkungan industri yang penuh interferensi sinyal. Teknologi ini sangat cocok digunakan di industri otomatisasi, robotika, dan IoT. Impian Anda membangun smart factories di mana setiap perangkat bisa berkomunikasi dengan lancar kini bisa diwujudkan.

Bantu Pengembangan AI dan Machine Learning

Pengolahan data dan pelatihan model AI membutuhkan koneksi internet yang cepat. Apalagi data yang dikirim sangat besar, misalnya untuk pengenalan wajah, analisa data berukuran besar, dan otomasi tugas kompleks. WiFi 7 dengan kecepatan tinggi dan andal sangat membantu untuk pengembangan aplikasi berbasis AI yang butuh pengolahan data dalam jumlah besar secara real-time.

Keamanan Data di Era WiFi Generasi 7

WiFi generasi ke-7 menggunakan protokol keamanan WPA3 sama seperti WiFi 6 dan 6E, namun lebih ditingkatkan. WPA3 adalah protokol keamanan canggih di pasaran saat ini. WPA3 menambahkan fitur baru untuk menyederhanakan keamanan WiFi, memungkinkan autentikasi lebih kuat, kekuatan kriptografi lebih baik, dan menjaga ketahanan jaringan yang sangat penting.

Pengguna WPA3-Personal kini mendapat perlindungan dari upaya kebocoran password. Sementara itu, pengguna WPA3-Enterprise dapat memanfaatkan protokol keamanan untuk mengamankan jaringan data sensitif.

Kenapa Anda Harus Upgrade ke WiFi 7 ?

Upgrade ke WiFi 7 jadi keputusan yang tepat untuk menjaga bisnis Anda tetap relevan dengan kebutuhan yang semakin kompleks di masa depan. Berikut ini beberapa kondisi yang memungkinkan Anda harus segera upgrade ke WiFi 7:

Punya Kebutuhan Bandwidth Tinggi

Jika Anda sedang berencana melakukan streaming video di resolusi 4K atau 8K dan gaming online, ini adalah waktu yang tepat untuk melirik teknologi WiFi 7. Latensi lebih rendah memberi pengalaman streaming dan gaming yang lebih lancar. Selain itu, WiFi 7 juga cocok untuk pengguna yang ingin menikmati cloud gaming yang butuh koneksi cepat dan stabil.

Kantor dengan Banyak Karyawan dan Perangkat

Di lingkungan kantor dengan banyak karyawan dan perangkat yang terhubung ke jaringan nirkabel sangat rawan terjadi gangguan sinyal. Teknologi MRU di WiFi 7 dapat mengatasi kemacetan akibat interferensi sinyal. Dengan begitu, setiap perangkat kerja dan IoT di kantor tidak menggangu satu sama lain.

Sangat Butuh Latensi Rendah

Pengguna aplikasi augmented reality (AR) atau virtual reality (VR), baik untuk hiburan atau pekerjaan dapat merasakan manfaat besar dari latensi rendah. Ini membuat pengalaman virtual lebih responsif dan imersif. Latensi rendah juga dibutuhkan oleh jasa pelatihan yang bergantung pada layanan konferensi video berkualitas tinggi. Koneksi kencang dan rendah latensi membuat komunikasi bebas jeda menggangu.

Mewujudkan Rencana Jangka Panjang

Memilih produk yang mendukung WiFi generasi ke-7 penting untuk Anda yang punya rencana jangka panjang yang jelas. Perangkat yang mendukung WiFi generasi terbaru ini mulai banyak diproduksi. Yang paling banyak adalah laptop dan smartphone. Kedua perangkat ini membutuhkan koneksi internet kencang untuk streaming di resolusi ultra tinggi. Komunikasi lewat jaringan internet juga lebih lancar.

Kesimpulan

WiFi 7 adalah teknologi masa depan yang menawarkan peningkatan kecepatan hingga 4,5 kali lebih tinggi dari WiFi 6 dan 13 kali lebih tinggi dari WiFi 5. Dengan fokus pada throughput tinggi, efisiensi optimal, dan latensi rendah, WiFi 7 dapat mengurangi lag, buffering, dan bottleneck di jaringan yang padat. Teknologi ini menghadirkan fitur unggulan seperti ultra-wide bandwidth 320 MHz, 4096-QAM, Multi-RU, dan Multi-Link Operation (MLO) yang memungkinkan perangkat bekerja pada tiga frekuensi sekaligus untuk koneksi lebih stabil.

Selain kecepatan dan stabilitas, WiFi 7 juga memperkuat keamanan dengan standar WPA3 yang ditingkatkan, memberikan autentikasi lebih kuat dan kriptografi lebih baik. Berbagai keunggulan ini membuat WiFi 7 ideal untuk kebutuhan akses nirkabel yang kompleks, seperti streaming 8K, gaming online tanpa lag, dan aplikasi VR.

Investasi dalam WiFi 7 tidak hanya memastikan performa terbaik saat ini, tetapi juga mempersiapkan pengguna dan bisnis untuk masa depan yang semakin mengandalkan teknologi canggih dan konektivitas nirkabel. Tertarik dengan teknologi WiFi 7? Temukan produk router terbaru kami yang mendukung WiFi 7 di sini.

Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post