Laptop AI ASUS Vivobook S15 S5507
PC & Laptop Review Produk

ASUS Vivobook S 15 S5507: PC AI dengan Snapdragon X Elite

PC dengan teknologi AI (Artificial Intelligent) semakin banyak bermunculan setelah Microsoft meluncurkan fitur AI Copilot pada Windows 11. ASUS Vivobook S 15 S5507 adalah salah satu produk laptop AI perdana yang hadir di awal tahun 2024. Produk PC AI pertama ASUS ini ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite yang memiliki NPU (Neural Processing Unit) Qualcomm Hexagon yang dapat menangani 45 TOPS (Tera Operation per Second). Lebih tinggi dibanding kebutuhan standar PC AI yang sebesar 40 TOPS (Baca selengkapnya: PC AI).

Laptop AI ASUS Vivobook S15 S5507

ASUS Vivobook S 15 S5507 sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin mencicipi performa Copilot AI di Windows 11 yang lebih mulus. Kehadiran NPU di dalam prosesor juga mampu meningkatkan masa pakai baterai hingga 18 jam. Sama seperti laptop AI Copilot pada umumnya, Anda dapat menemukan tombol Copilot di Keyboard untuk memanggil asisten AI digital untuk menjalankan perintah, cari dokumen dan informasi, hingga menjawab pertanyaan.

Harga Laptop ASUS Vivobook S 15 S5507

Saat artikel ini kami tulis, ASUS mengkonfirmasi bahwa produk laptop AI pertamanya akan dijual di Indonesia. Harga laptop ASUS Vivobook S 15 S5507 adalah USD 1.299 atau sekitar Rp 21.000.000.* Dengan harga segini, Anda akan mendapatkan laptop Windows 11 dengan Copilot AI, layar OLED 3K 120 Refresh Rate, RAM 16GB LPDDR5X, dan Storage 1 TB SSD PCIe M.2 NVMe. Juga tersedia varian laptop AI ASUS lainnya dengan kapasitas RAM dan SSD lebih besar atau lebih rendah dengan harga berbeda.

*Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi ASUS Vivobook S 15 S5507

Berikut ini spesifikasi lengkap laptop ASUS Vivobook S 15 S5507 terbaru.

Sistem Operasi Windows 11 Home
Prosesor Snapdragon X Elite X1E 78 100 Processor, 12 Core 12 Threads up to 3.4 GHz (42 MB Cache)
Graphics Qualcomm Adreno GPU
NPU Qualcomm Hexagon NPU 45 TOPS
RAM 32GB LPDDR5X
Storage 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar OLED 15.6 inci 3K (2880 x 1620 piksel), 16:9 Ratio, 120 Refresh Rate, 100% DCI-P3, 600 nits, VESA Certified, TUV Rheinland, SGS Eye Care Display
Port Konektivitas USB 3.2 Type A, HDMI, Audio Jack, MicroSD Reader
Wireless WiFi 7 802.11be, Bluetooth 5.4
Keyboard Backlit Chiclet 1-Zone RGB with Num-Key
Webcam FHD Camera with IR Function and Privacy Shutter
Audio Built in Speaker and Microphone with Smart Amp, Dolby Atmos, and Harman/Kardon Technology
Baterai 70WHrs Li-Ion
Power Supply USB Type C, 90W Adapter 100~240V
Dimensi 35.26 x 22.69 x 1.59 cm, berat: 1.42 kg

Fitur AI untuk Meningkatkan Produktivitas

Laptop AI ASUS Vivobook S 15 S5507 dengan Copilot dari Windows 11 menghadirkan berbagai fitur canggih yang dapat meningkatkan produktivitas. Nikmati pengalaman kerja yang lebih luar biasa dibanding laptop biasa non AI. Asisten digital Copilot bisa dipanggil dengan menekan tombol Copilot di keyboard. Asisten digital akan membantu Anda untuk mencari dokumen, cari informasi, dan menjawab pertanyaan unik. Fitur Recall canggih dapat mencari dokumen, email, atau halaman web dari deskripsi yang Anda sampaikan ke Copilot.

Buat Karya Kreatif dalam Hitungan Detik

Fitur Live Captions dapat menambahkan subtitle yang akurat secara real time. Fitur ini bisa transkripsi suara jadi teks saat melakukan video confrence, streaming, sampai file audio. Fitur CoCreator di aplikasi Microsoft Paint kini didukung model AI canggih DALL-E. Ini memungkinkan Anda bisa buat gambar dari deskripsi teks. Misalnya, Anda ketik “anak-anak berlarian di tengah sawah,” DALL-E kemudian akan membuat gambar sesuai deskripsi yang ditulis. Semakin lengkap deskripsi yang ditulis, maka semakin bagus hasil akhirnya.

Fitur Subtitle AI ASUS Vivobook S 15

Fitur untuk Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan

Belum cukup sampai di situ, fitur AI Windows Studio Effects dapat mengaburkan latar belakang secara otomatis saat video call untuk meningkatkan kecerahan video dan meminimalisir gangguan. Teknologi AI Upscale bekerja secara real-time untuk meningkatkan frame rate video dan game. Fitur AI lain yang dapat memudahkan pekerjaan Anda, yaitu: ASUS Adaptive Lock untuk mengunci PC dan menghemat energi saat Anda meninggalkan laptop, ASUS AI Noise Cancellation untuk mengurangi suara bising dari sekitar, dan StoryCube yang bisa mengelompokkan foto dan video secara otomatis.

Fitur Upscale Resolution AI ASUS Vivobook S 15

Performa Kencang yang Diperkuat AI

ASUS Vivobook S 15 S5507 ditenagai prosesor Snapdragon X Elite dengan Qualcomm AI Engine yang menghadirkan performa hingga total 75 TOPS. 45 TOPS didedikasikan khusus oleh NPU untuk menjalankan sistem AI dengan lebih mulus. CPU dengan TDP hingga 45W memungkinkan Anda menjalankan aplikasi berat sambil menjaga konsumsi baterai lebih lama. RAM LPDD5X dan SSD PCIe dapat loading aplikasi sangat cepat.

Kelebihan ASUS Vivobook S15 S5507

Laptop AI ASUS Vivobook pertama ini menggunakan sistem pendingin ASUS IceCool Thermal. Pendingin ini terdiri dari kipas dengan 97 bilah, dua heat pipe, dan dua lubang ventilasi untuk membuang panas. Ditambah lagi ada Dust Filter untuk mencegah komponen internal bebas dari kotoran. Saat bekerja di mode Whisper level kebisingan hanya di bawah 28 dBA. Kemudian, untuk daya tahan baterai bisa sampai 18 jam. Isi daya cepat melalui USB Type C bisa isi baterai 60% dalam waktu 49 menit.

Layar OLED Kualitas Profesional

Dengan teknologi layar OLED profesional, kami yakin ASUS Vivobook S 15 S5507 cocok untuk para content creator, desain grafis, dan pekerja kreatif di bidang multimedia. Layar 15.6 inci punya resolusi tinggi 2880 x 1620 piksel. Refresh Rate 120Hz membuat gerakan halaman web, aplikasi, video, hingga game 2x lebih mulus dibanding layar laptop biasa. Layar 100% DCI-P3 mereproduksi rentang warna luas agar objek di layar terlihat sama seperti di dunia nyata. TUV Rheinland Low Blue Light serta Flicker Free dan SGS Eye Care Low Blue Light mencegah mata lelah dan kepala pusing setelah penggunaan dalam waktu lama.

Layar Laptop AI ASUS Vivobook S 15 OLED

Kelebihan Menarik Lainnya

Untuk membuat laptop ini terasa lebih personal, keyboard single-zone RGB Backlit dapat diubah warnanya sesuai preferensi pribadi Anda. Touchpad lebar mendukung berbagai gesture jari seperti swipe dan pinch pada pola-pola tertentu. Vivobook S15 S5507 dilengkapi kamera IR yang bisa mendeteksi kehadiran dan mengunci PC saat ditinggalkan. Penutup kamera fisik menutup webcam untuk mencegah orang tak bertanggung jawab mengintip. Anda tidak perlu khawatir menggunakan laptop di tengah perjalanan dinas. Standar pengujian AS MIL-STD 810H menjamin laptop aman dari benturan, guncangan, hingga suhu ekstrem.

Kesimpulan

ASUS Vivobook S 15 S5507 kami rekomendasikan untuk para pemilik bisnis dan eksekutif profesional yang ingin meningkatkan produktivitasnya. Kinerja prosesor Snapdragon X Elite dengan NPU mencapai 45 TOPS dapat menjalankan fungsi AI secara maksimal. Performanya mencapai 1.8 kali lebih cepat dibanding prosesor sejenis dengan NPU di tahun 2024. Layar OLED dengan banyaknya sertifikasi profesional mampu mereproduksi warna dengan akurat sambil menjaga kenyamanan mata. Semua kelebihan laptop AI ASUS makin lengkap dengan daya tahan baterai yang mencapai 18 jam.

Bhinneka menjual perangkat kerja modern yang didukung teknologi AI (kecerdasan buatan). Anda bisa beli PC AI generasi terbaru untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Selain PC Desktop dan Laptop AI, kami juga menjual Server, CCTV, sistem Cloud, dan aplikasi Office yang kompatibel dengan AI. Cek selengkapnya di: Solusi dan Produk IT Terlengkap untuk Bisnis.

Leave a Reply