Tips & Tutorial

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang sudah Hangus

Cara aktivasi kartu Telkomsel yang sudah hangus atau melewati masa tenggang perlu diketahui karena cukup penting. Kartu Telkomsel yang sudah melewati masa tenggang biasanya sudah tidak bisa digunakan lagi, baik untuk membuat panggilan atau menerima panggilan.

Di zaman sekarang, nomor HP terhubung cukup banyak dengan berbagai aplikasi seperti m-banking, aplikasi social media, dan berbagai payment. Anda tidak dapat menggunakan nomor Anda yang sudah hangus untuk mendaftar di berbagai keperluan.

Mengganti nomor baru memang dapat menjadi salah satu solusi, namun cukup merepotkan. Dengan mengganti nomor baru berarti Anda harus menghubungkan ulang nomor Anda ke sejumlah aplikasi yang terhubung. Anda juga perlu memberi tahu semua daftar kontak Anda, nomor baru yang Anda gunakan

Kartu Telkomsel

Namun tidak perlu khawatir, beberapa operator seluler seperti Telkomsel memungkinkan Anda untuk melakukan re-aktivasi atau aktivasi kembali kartu yang sudah hangus. Artikel ini akan membahas cara untuk aktivasi kartu Telkomsel yang sudah hangus.

Penyebab Kartu Telkomsel Hangus

Biasanya, penyebab kartu Telkomsel hangus adalah karena sudah lama tidak terpakai sehingga tidak ada transaksi layanan di dalamnya. Jika sudah hangus, maka pengguna tidak dapat melakukan layanan telepon, berkirim pesan atau yang lainnya dengan kartu ini.

Biasanya masa aktif dari kartu akan terus bertambah apabila Anda melakukan isi ulang pulsa sebelum masa berlaku habis. Jika masa berlaku habis, Anda akan diberikan masa tenggang untuk melakukan pengisian ulang pulsa. Jika masa tenggang terlewati, maka kartu Anda akan hangus.

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang sudah Hangus

Apabila kartu Telkomsel yang Anda miliki sudah hangus, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan permohonan untuk melakukan aktivasi ulang kartu yang sudah hangus tersebut. Adapun caranya Anda dapat lakukan melalui:

  1. Kode USSD
  2. Telkomsel E-Care
  3. Datang ke Grapari

Cara 1 dan 2 cukup mudah dilakukan karena dapat dilakukan dari mana saja. Sedangkan cara nomor 3 memerlukan Anda untuk datang langsung ke GraPARI untuk mengaktifkan ulang kartu. Berikut akan dibahas secara rinci masing – masing cara di atas.

Kode USSD

Untuk mempermudah proses pengaktifan, Anda dapat menyiapkan terlebih dahulu dokumen atau data yang diperlukan seperti nomor KTP, nomor KK serta nomor seri kartu

  1. Hubungi *888*89# dari nomor kamu yang hangus.
  2. Pilih “Reaktivasi kartu”.
  3. Pilih “Setuju” kalau kamu setuju dengan ketentuannya.
  4. Masukkan nomor KTP dan KK.
  5. Anda akan mendapat SMS pemberitahuan mengenai nomor kamu bisa diaktifkan kembali atau tidak.

Melalui Telkomsel E-Care

Anda dapat menghubungi Telkomsel E-Care melalui kanal online yang tersedia misalnya melalui akun resmi Telkomsel di X (Twitter) ataupun Instagram. Selanjutnya Anda dapat:

  1. Hubungi customer service Telkomsel melalui DM (Direct Message) dengan mengetik “reaktivasi prepaid”.
  2. Anda akan dapat link untuk upload foto KTP, nomor KK, dan foto SIM card fisik yang akan direaktivasi
  3. Anda akan masuk ke antrian video call untuk melakukan validasi data

Datang Langsung Ke GraPARI

Untuk mengaktifkan ulang kartu yang sudah hangus, Anda juga dapat mendatangi GraPARI secara langsung. Umumnya Anda perlu membawa data atau dokumen seperti:

  1. EKTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Kartu Sim Card yang ingin diaktifkan kembali

Untuk proses ini Anda perlu datang sendiri tanpa diwakilkan.

Demikian cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel Anda yang sudah melewati masa tenggang dan hangus.

Leave a Reply