X

Cara Mengetahui Usia PC dan Laptop

Cara mengetahui usia PC dan Laptop belum banyak yang mengetahuinya. Sebagian dari kita mungkin hanya mengira – ngira dan mengingat kapan tahun pembelian dari PC atau laptop tersebut. Mengetahui usia PC dan laptop merupakan hal yang cukup penting karena pengguna dapat memperkirakan apakah PC dan laptop tersebut masih cukup OK atau tidak performanya.

Apabila performa dari PC dan laptop dianggap sudah kurang atau terlalu tua, Anda dapat memutuskan untuk menjual atau melakukan upgrade pada PC dan laptop Anda. Mengetahui usia PC dan laptop juga penting, terutama Anda yang membeli PC dan laptop bekas atau 2nd. Hal ini agar Anda tidak terkena tipu.

Manfaat Mengetahui Usia Desktop dan Laptop

Mengetahui usia PC dan laptop memiliki sejumlah manfaat atau kegunaan, baik bagi Anda pemilik PC atau laptop, maupun sebagai calon pembeli. Berikut ini manfaat mengetahui usia PC dan Laptop:

  1. Mengetahui apakah PC atau laptop tersebut masih masuk masa garansi atau tidak
  2. Mengetahui apakah PC atau laptop tersebut masih dapat di upgrade atau tidak
  3. Menjadi pertimbangan apakah Anda perlu mengganti atau upgrade PC atau tidak
  4. Menghindari penipuan pada saat Anda membeli komputer atau laptop bekas

Komputer (PC) dan laptop yang sudah terlalu tua, meski masih berfungsi dengan baik, mungkin sudah tidak cukup oke untuk menjalankan sejumlah program – program terbaru. Hal ini membuat Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti atau melakukan upgrade.

Seberapa Tua Desktop dan Laptop Anda?

Untuk mengetahui usia PC dan laptop yang Anda miliki, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan, antara lain sebagai berikut:

Mengecek Dus dari PC dan Laptop

Pada saat Anda membeli PC built up dan juga laptop, Anda dapat mencoba untuk mengecek dus dari PC atau laptop tersebut. Pihak manufaktur biasanya menyertakan tanggal produksi untuk PC atau laptop milik mereka pada bagian belakang atau bawah dus.

Mengecek Serial Number

Cara ini dapat dilakukan terutama pada laptop. Pada bagian bawah laptop umumnya disertakan stiker yang menunjukkan serial number dan juga tipe dari produk laptop tersebut. Biasanya tanggal produksi juga dicantumkan pada stiker tersebut.

Apabila tidak ada, Anda dapat mencoba untuk mencari tipe seri laptop tersebut dan serial number nya pada website pihak manufaktur untuk melihat tahun produksi atau keluaran dari laptop tersebut.

Melakukan Pengecekan BIOS Date

Salah satu indikator yang dapat diandalkan untuk mengetahui usia laptop dan PC adalah dari usia firmware motherboard atau BIOS date. Pada PC dan laptop yang menggunakan Windows, Anda dapat mengeceknya melalui Sysinfo. Berikut caranya:

  1. Buka start menu pada Windows
  2. Search System Information
  3. Buka / jalankan System Information
  4. Pada bagian kiri pilih System Summary
  5. Scroll hingga Anda menemukan keterangan BIOS Version / Date

Cara ini hanya dapat diandalkan apabila motherboard atau firmware dari motherboard tersebut jarang atau tidak pernah di update dari sejak awal penggunaan atau pembelian. Hal ini karena keterangan pada BIOS Version / Date akan menunjukkan versi firmware terakhir dari BIOS tersebut, termasuk apabila sudah diupdate dengan versi terbaru.

Melalui Command Prompt

Pada PC atau laptop yang disertai dengan OS bawaan, Anda dapat mencoba untuk melakukan pengecekan dengan melalui Command Prompt:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard
  2. Ketik cmd dan tekan enter
  3. Ketik system info pada command prompt dan enter
  4. Selanjutnya scroll atau cari keterangan berupa installation date

Data ini menunjukkan kapan terakhir Windows di-install ke PC atau laptop Anda. Jadi apabila Anda tidak pernah melakukan format atau install ulang OS, maka cara ini cukup akurat digunakan untuk mengetahui usia dari PC atau laptop

Mengecek Melalui Tipe CPU

Anda juga dapat memperkirakan usia dari PC dan Laptop berdasarkan model dari CPU atau prosesor yang digunakan. Misalnya saja pada PC atau Laptop dengan Windows, Anda dapat melakukan langkah berikut:

  1. Tekan Ctrl + Alt + Del
  2. Buka Task Manager
  3. Pilih Performance
  4. Layar akan menampilkan jenis CPU yang digunakan

Misalnya saja prosesor 12th Gen Intel Core i7 12700, dengan ini Anda dapat memperkirakan bahwa usia komputer atau laptop tersebut cukup dengan mencari tipe CPU tersebut dan mencari tahu tanggal produksi atau launching dari CPU tersebut.

Categories: Tips & Tutorial
Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post