CCTV AI dan kelebihannya untuk keamanan kantor
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis Uncategorized

7 Manfaat CCTV AI untuk Keamanan Bisnis Anda

CCTV (Closed Circuit Television) atau sistem kamera keamanan video adalah salah satu perangkat teknologi yang mendapat dukungan teknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan), selain server, PC, dan smartphone. CCTV AI dibekali algoritma canggih yang dapat mengatasi semua batasan yang ada di CCTV tradisional. Teknologi AI dapat mendeteksi dan menganalisa situasi lingkungan secara real time. Ini memungkinkannya bisa mengenali tindakan kriminal lebih cepat sehingga tim keamanan setempat bisa bertindak lebih cepat.

Apa itu CCTV dengan AI ?

Berbeda dari CCTV tradisional yang hanya mengandalkan resolusi tinggi dan fitur Night Mode, CCTV AI punya fitur yang lebih cerdas. Salah satu keunggulan produk yang didukung AI adalah mampu mempelajari konteks. Algoritma cerdas mampu memproses kejadian secara real-time. Jika sistem mendeteksi tindakan seseorang yang berbahaya atau mencurigakan, notifikasi akan langsung dikirim ke petugas keamanan. Dengan begini, tim keamanan bisa langsung merespon bahaya lebih cepat, bahkan bisa mencegahnya sebelum terjadi.

CCTV AI dan kelebihannya untuk keamanan kantor

Teknologi AI di CCTV bisa mendeteksi gerakan objek yang tiba-tiba atau tidak biasa (anomali). Sistem kamera keamanan berbasis AI juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga batas wilayah tertentu. Sistem dapat mengenali siapa saja orang yang berwenang untuk masuk ke dalam suatu wilayah. Anda bisa integrasikan dengan sistem keamanan di kantor, seperti: alarm, pintu otomatis, dan kontrol akses.

AI bisa dilatih untuk mengenali wajah dan objek. Memudahkan untuk mengenali siapa saja orang yang berhak masuk ke dalam area tertentu. Teknologi pengenal wajah berbasis AI juga bisa digunakan untuk mencari orang yang masuk dalam daftar DPO (Daftar Pencarian Orang). Kemampuan pengenal wajah ini masih terus disempurnakan seiring dengan berkembangnya teknologi AI.

Kelebihan CCTV AI

Berikut ini beberapa kelebihan CCTV AI untuk keamanan bisnis dan properti pribadi Anda:

1. Memiliki Resolusi Gambar Tinggi

Secara umum agar bisa berfungsi baik, CCTV dengan AI membutuhkan resolusi kamera tinggi. Resolusi yang disarankan adalah Full HD (1920 x 1080) ke atas. Teknologi AI kemudian dapat menyempurnakan kualitas tangkapan video agar gambar terlihat jelas. Semakin tinggi resolusi, semakin baik karena bisa mendeteksi objek asing lebih akurat.

Selain itu, CCTV juga memiliki sudut pandang lebar atau Viewing Angle yang fleksibel. Kamera bisa berputar 180 atau 360 derajat. Tujuannya agar CCTV mampu mengawasi area yang lebih luas. CCTV dengan sudut pandang lebar juga menguntungkan pengguna karena bisa menghemat jumlah CCTV yang harus dipasang. Jadi meski harganya lebih mahal, kemampuannya bisa menandingi 2 hingga 3 CCTV tradisional.

2. Mampu Mengenali Objek Berbahaya

Teknologi AI memungkinkan CCTV bisa mengenali objek mati dan hidup. Kemampuannya ini kemudian dikirim ke monitor untuk memudahkan tim keamanan bertindak sesuai kebutuhan. Sistem algoritma canggih juga hanya akan memberi peringatan ketika mendeteksi objek yang benar-benar mencurigakan.

Kemampuannya ini sangat berguna untuk mengenali objek asing yang berpotensi berbahaya di lingkungan kantor atau rumah. Misalnya, ada tas yang diduga berisi barang berbahaya yang ditinggalkan sengaja oleh orang asing. Dan bukan tidak mungkin, di masa depan CCTV AI yang saling terintegrasi dapat melacak pergerakan objek hasil curian. Memudahkan polisi untuk melacak kemana pencuri melarikan diri.

3. Mengenali Wajah dan Plat Nomor Lebih Cepat

Untuk bangunan dan ruangan dengan akses ruang terbatas, CCTV bisa digunakan untuk mengenali siapa saja yang berwenang untuk memasukinya. Kemampuan pengenal wajahnya lebih cepat dibanding fitur sejenis di CCTV tradisional. Algoritma cerdas memungkinkannya bisa terus belajar untuk meningkatkan akurasi pengenalan wajah.

Kamera CCTV dengan AI mengenali orang dan kendaraan

Untuk penggunaan yang lebih luas, CCTV dengan AI bisa mengenali perilaku pengguna jalan dan plat nomor kendaraannya. Memudahkan polisi lalu lintas untuk mengenali pelanggaran lebih akurat dan cepat. Warna plat, bentuk mobil, sampai plat nomornya mampu dikenali untuk membedakan jenis kendaraan dan hak lajurnya masing-masing.

4. Mencegah Tindakan Kriminal dan Kerusuhan

Teknologi algoritma AI bisa menganalisa gerakan objek secara real time. Termasuk gerakan dari banyak objek yang terjadi secara tiba-tiba. Jika sistem mendeteksi bahaya dan tindakan mencurigakan, tim keamanan akan langsung diberitahu untuk segera melakukan pencegahan. Teknologi ini juga digunakan dalam mencegah kerusuhan. Jika terdeteksi ada sekelompok massa mulai melakukan kekerasan, tim keamanan bisa langsung turun tangan untuk mencegah efeknya meluas.

5. Monitoring Produktivitas Karyawan

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti ingin karyawan tetap produktif. CCTV AI mampu mengenali perilaku setiap orang di kantor. Membedakan mana karyawan tekun bekerja dan mana yang malas-malasan atau suka keluyuran menggangu karyawan lain. Hasil dari rekaman video dan analisa AI bisa dijadikan bahan evaluasi dan masukan untuk karyawan yang melanggar aturan. Data tersebut bisa dipakai sebagai acuan dalam memberlakukan kebijakan pada karyawan di masa depan.

6. Menghitung Jumlah Pengunjung Toko

Tidak perlu lagi hitung manual atau memperkirakan data pengunjung toko setiap bulan. Kini Anda bisa gunakan data yang lebih akurat dengan bantuan CCTV AI. Sistem kecerdasan buatan yang canggih bisa menghitung pelanggan yang datang ke toko setiap hari secara langsung dan otomatis. Sistem algoritma yang canggih juga bisa membedakan jenis kelamin dan usia sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran data utuh untuk mengambil keputusan.

7. Tim Keamanan Bekerja Lebih Efektif Bebas Alarm Palsu

CCTV AI mampu merekam gambar dan menganalisanya secara aktual. Hal ini mencegah terjadinya alarm palsu atau false alarm yang kerap terjadi di CCTV tradisional. Pihak keamanan hanya akan diberitahu jika benar-benar terjadi situasi yang berbahaya. Kemampuan yang bisa dilatih dan ditingkatkan terus menerus meningkatkan akurasi CCTV dalam mempelajari konteks yang terjadi dalam suatu wilayah.

Kenapa CCTV AI Lebih Baik dari CCTV Tradisional ?

Inti dari keunggulan CCTV dengan AI dibanding tradisional ada pada sistem algoritma cerdas yang terus menerus belajar tentang konteks. Sistem juga bisa diajari untuk meningkatkan akurasi, efisiensi, dan fungsinya secara keseluruhan. Kelebihan ini tidak bisa Anda temukan di CCTV biasa karena fiturnya serba terbatas.

Perbandingan CCTV AI dan CCTV tradisional

CCTV biasa masih membutuhkan manusia untuk menganalisa situasi, sedangkan CCTV dengan AI bisa menganalisa sendiri. AI bantu tim keamanan agar tidak melewatkan satu peristiwa yang mencurigakan. Sistem AI menggunakan data-data yang ada untuk mempelajari pola tingkah laku manusia, menghasilkan prediksi, dan mengambil tindakan yang dibutuhkan. Menariknya, fungsi ini dapat bekerja 24/7 sehingga Anda bisa bebas dari human eror selamanya.

Penerapan Sistem Keamanan Video Berbasis AI untuk Bisnis

Sistem keamanan berbasis AI sangat dibutuhkan di berbagai bisnis. Menurut kami yang paling membutuhkan saat ini adalah: industri perbankan, transportasi umum, dan ritel. Tiga jenis industri ini sangat rentan dari tindakan kriminal. Misalnya perampokan pada bank bisa dikenali dan direspon cepat ke petugas keamanan yang berwenang secara real time.

Di stasiun atau terminal, keamanan penumpang bisa lebih terjamin karena CCTV bisa mengenali perilaku orang mencurigakan seperti copet atau penculikan. Pada industri retail, CCTV bisa digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung setiap hari, barang-barang apa yang paling sering dibeli, dan mencegah pencurian.

Kemampuan AI di perangkat CCTV akan terus ditingkatkan. Ke depannya akan semakin banyak teknologi baru yang membantu berbagai jenis bisnis atau properti pribadi. Integrasi antar perangkat yang mendukung AI juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan pengalaman koneksi yang mulus. Misalnya, analisa secara aktual dan mengambil tindakan dari smartphone AI meski Anda sedang di luar kota.

Cara Menggunakan CCTV AI di Bisnis Anda

Sama seperti memasang CCTV tradisional, untuk memasang CCTV AI di rumah, toko, atau kantor membutuhkan pemahaman tentang jaringan, perangkat keras, dan perangkat lunak. Jika Anda belum yakin bisa memasangnya dengan benar, Anda bisa hubungi tim Bhinneka untuk menangani instalasi CCTV. Secara umum, proses instalasi CCTV AI adalah sebagai berikut:

  • Pilih Merk dan Platform CCTV AI. Pastikan platform dan merk CCTV yang Anda beli sudah mendukung AI. Ada beberapa rekomendasi merk CCTV yang mendukung AI, seperti: Hikvision, Synology, dan Xiaomi
  • Pilih Seri Produk yang Mendukung AI. Tidak semua CCTV yang dijual mendukung AI. Anda harus teliti memilih mana seri produk yang tepat sesuai kebutuhan. Cari tahu juga tentang spesifikasi, fitur, dan semudah apa untuk mengintegrasikannya dengan seri atau merk CCTV lain
  • Koneksi ke Jaringan Internet. Pastikan kamera CCTV terhubung ke jaringan internet atau lokal. Anda bisa pilih CCTV dengan pilihan konektivitas lengkap WiFi atau Ethernet untuk memudahkan instalasi
  • Konfigurasi Perangkat Lunaknya. Setelah perangkat CCTV terhubung, selanjutnya Anda perlu konfigurasikan ke perangkat lunak untuk manajemen CCTV. Perangkat lunak ini ada yang dalam versi web atau aplikasi mobile. Perangkat lunak dibutuhkan untuk mengaktifkan fitur-fitur AI dan menganalisa situasi
  • Integrasikan ke Sistem Keamanan lainnya. Kelebihan CCTV AI adalah bisa dihubungkan ke perangkat keamanan lain, seperti: alarm, akses kontrol, dan pintu otomatis. Anda juga bisa hubungkan ke perangkat CCTV lain untuk mendapatkan kemampuan pengawasan yang utuh. Pastikan perangkat Anda sudah mendukung protokol komunikasi yang sesuai
  • Lakukan Pengujian dan Pemantauan. Setelah semua terpasang pastikan kamera diuji coba lebih dulu. Cek kemampuan CCTV dalam mengenali objek asing atau wajah yang sudah terdaftar. Lakukan penyesuaian secara berkala jika dibutuhkan.

Kapan Saatnya Upgrade ke CCTV dengan AI ?

Apakah ini saat yang tepat untuk mengganti semua CCTV tradisional Anda dengan CCTV AI ? Tunggu dulu, sebelum Anda memutuskan, coba jawab pertanyaan di bawah ini:

Apakah saya butuh CCTV yang bisa deteksi perilaku mencurigakan ?

Jika jawabannya iya, maka Anda butuh CCTV dengan AI. Ingin memergoki orang mencurigakan yang sering lalu lalang di depan rumah? Atau ingin terbebas dari ancaman terorisme ? Ini adalah waktu yang tepat untuk upgrade sistem keamanan Anda. Teknologi AI bisa mendeteksi perilaku orang yang mencurigakan, mengenali wajahnya, dan segera mengambil tindakan yang diperlukan. Tim keamanan bisa langsung bergerak ketika benar-benar dibutuhkan. Tidak ada lagi false alarm menggangu.

Apakah saya butuh kemampuan pelacakan wajah ?

Jika jawabannya iya, maka Anda butuh CCTV dengan AI. Teknologi pelacak wajah bisa diintegrasikan dengan sistem keamanan seperti pintu otomatis. Ini memudahkan Anda untuk mengawasi dan membatasi siapa saja orang yang berhak masuk ke ruangan tertentu. Teknologi ini juga bisa mengenali wajah orang yang masuk daftar DPO. Jika sistem kamera CCTV AI saling terintegrasi di suatu negara, pasti memudahkan polisi untuk menemukan buronan pelaku kejahatan.

Butuh cara untuk hitung pelanggan dan mengenali perilakunya ?

Jika jawabannya iya, maka Anda butuh CCTV dengan AI. Teknologi AI yang terus dikembangkan membuat pemilik toko bisa menghitung pelanggan secara otomatis. Tidak sampai di situ, jenis kelamin dan usia bisa dianalisa supaya Anda bisa mendapatkan gambaran utuh demografi konsumen yang sering datang berkunjung. Dengan integrasi data ke sistem PoS atau ERP Anda bisa gabungkan data penjualan dan demografi konsumen. Jadikan data tersebut sebagai dasar dalam membuat program promosi yang tepat sasaran.

Anda bingung cara menilai produktivitas karyawan selama bekerja ?

Jika jawabannya iya, maka Anda butuh CCTV dengan AI. Bingung bagaimana cara menilai produktivitas karyawan ? Takut dianggap subjektif dalam menilai karyawan ? Tenang, Anda bisa manfaatkan kemampuan CCTV AI untuk memantau perilaku karyawan selama bekerja di kantor. Sistem bisa menilai apakah mereka tekun bekerja atau malas-malasan. Karyawan yang sering melamun dan jalan-jalan keluyuran juga bisa direkam. Dengan begitu, Anda bisa punya bukti sebelum memberlakukan kebijakan tertentu pada karyawan yang dianggap melanggar.

Konsultasi Kebutuhan Sistem Keamanan Anda

Fitur yang ditawarkan CCTV AI sangat menarik bukan ? Mulai dari mengawasi aset bisnis, mengenali wajah, deteksi barang mencurigakan di toko, analisa demografi pelanggan, sampai mencari buronan penjahat semua bisa Anda lakukan dengan mudah. Kemampuannya akan semakin baik jika Anda integrasikan dengan banyak perangkat yang didukung AI. Teknologi AI di CCTV tentunya sangat berguna di berbagai industri bisnis, pribadi, hingga instansi pemerintah.

Bhinneka menyediakan berbagai produk CCTV AI dengan berbagai fitur dan spesifikasi. Cari CCTV terbaru di sini. Jika bingung memilih produk yang tepat, silakan konsultasi kebutuhan sistem keamanan Anda melalui Sales kami melalui:

Leave a Reply