X

Chip Spionase Ditemukan di Server Perusahaan Ternama

Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan berita bahwa disinyalir beberapa server perusahaan besar di US di susupi dengan chip spionase yang tertanam di dalam motherboard server. Sebagian besar vendor komputer beserta komponen mayoritasmenunjuk kepada perusahaan di Tiongkok sebagai basis produksi karena vendor biasanya hanya melakukan riset saja dan menyerahkan basis produksinya ke ODM (Original Design Manufacturer) seperti Foxconn yang berlokasi di Tiongkok.

Produksi di Tiongkok biasanya dianggap lebih hemat sehingga biaya yang dibutuhkan lebih terjangkau dibandingkan yang dilakukan di Amerika Serikat. Namun produksi tersebuttidak lepas dari masalah.  Beberapa waktu yang lalu, Amazon melakukan internal audit ke perusahaan Elemental Technology yang baru diakuisisi oleh Amazon.  Dalam pemeriksaan ditemukan bahwa salah satu motherboard yang ada di server yang digunakan memiliki chip yang diduga digunakan oleh pemerintah Tiongkok untuk aksi spionase.

Bloombergmenampilkan berita dari bentuk chip yang ditemukan memiliki ukuran tidak lebih besar dari sebutir beras dan tid ada dalam rancangan original dari produsen motherboard yang memproduksinya. Bloomberg melaporkan bahwa sudah ada setidaknya 30 perusahaan besar yang berpotensi berdampak masalah ini. Termasuk di antaranya perusahaan besar sekelas Apple dan Bank yang mempercayakan pembuatan motherboard ke perusahaan yang sama. Belum diketahui secara lengkap metode spionase yang dilakukan.

 

Categories: Bhinneka News
Tags: chip
Bhinneka: Bhinneka merupakan pionir B2B e-commerce di Indonesia yang melayani UKM, korporasi dan instansi pemerintah. Selama lebih dari 30 tahun Bhinneka melayani pengadaan barang dan jasa, seperti: gadget, PC/laptop, peralatan networking, produk MRO, elektronik kantor, furnitur, produk digital printing, software, servis, hingga jasa instalasi. Bhinneka bekerjasama dengan LKPP untuk layani pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution. Sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka aktif memberikan solusi produk dan jasa terbaik untuk semua segmen konsumen bisnis melalui blog.
Related Post