Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Gizi dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sangat banyak apabila dikonsumsi dengan benar. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang mudah ditemui sehari – hari. Namun berbeda dengan buah jeruk, jeruk nipis tidak dikonsumsi langsung.

Rasa asam bercampur manis dan pahit dari jeruk nipis membuat jeruk ini digunakan untuk berbagai makanan dan minuman. Misalnya saja yang paling mudah adalah es jeruk nipis ataupun menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Sama seperti buah lainnya dan terutama jeruk, jeruk nipis juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang berguna untuk tubuh dan kesehatan. Salah satu kandungan dari jeruk nipis antara lain seperti vitamin C, zat besi, kalsium, vitamin B6, hingga riboflavin, niacin, folat.

jeruk nipis

Meski terlihat kecil dan mungil, manfaat dan cara mengolah serta kegunaan dari jeruk nipis sangatlah beragam. Selain untuk menghilangkan bau amis, jeruk nipis juga dapat menambah kelezatan makanan, diolah menjadi minuman hingga sebagai obat alami.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi atau menggunakan jeruk nipis sebagai penyedap ataupun minuman, ketahui beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sama seperti buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat membantu untuk meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh. Rutin mengkonsumsi jeruk nipis juga dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Sumber Antioksidan

Antioksidan berguna untuk membantu sel – sel tubuh menangkal radikal bebas dan infeksi dari virus dan bakteri. Jeruk nipis kaya akan berbagai nutrisi dan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan termasuk di dalamnya adalah flavonoid, limonoid, kaempferol dan asam askorbat.

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

Menjaga Kesehatan Gusi dan Mencegah Sariawan

Salah satu penyebab penyakit gusi dan munculnya sariawan adalah kekurangan vitamin C. Dengan rutin mengkonsumsi jeruk nipis yang kaya vitamin C dapat membantu mencegah atau menurunkan risiko terkena penyakit gusi dan sariawan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu flavonoid yang dapat ditemukan dalam jeruk nipis adalah hesperidin. Dalam hasil penelitian, hesperidin dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Oleh karenanya, rutin mengkonsumsi jeruk nipis dapat membantu menjaga kadar kolestrol tetap normal.

Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi. Kandungan asam sitrat ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar lebih banyak kalori. Oleh karenanya jeruk nipis juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan asam sitrat yang dimilikinya.

Meredakan Batuk

Jeruk nipis mengandung senyawa – senyawa yang bermanfaat seperti vitamin C hingga beta karoten dan flavonoid. Apabila Anda menderita batuk, mengkonsumsi air jeruk nipis dapat membantu meredakan batuk dan tenggorokan yang gatal. Selain itu, asam sitrat dari jeruk nipis juga dapat membantu memecah lendir pada batuk produktif.

Dengan meminum air jeruk nipis secara rutin setiap hari dan secara benar, dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan menurunkan risiko terkena penyakit.

Leave a Reply