Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Apa Itu Firewall? Kenali Jenis dan Fungsinya

Istilah Firewall mungkin di beberapa kalangan masih asing. Sekarang hampir semua orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi. Sebenarnya ancaman virus dan cyber attack di dunia maya sangatlah rawan. Untuk membentengi diri dari berbagai resiko di dunia internet tersebut keamanan data seperti Firewall sangatlah penting.

Firewall

Definisi Firewall

Firewall merupakan sebuah perangkat keamanan jaringan yang berfungsi untuk menyaring lalu lintas sekaligus memantau jaringan yang masuk dan keluar sesuai aturan keamanan. Aturan ini sudah ditetapkan sebelumnya dari firewall akan mengikuti aturan tersebut dalam menyaring lalu lintas jaringan.

Analogi sederhana alat ini akan menjadi sebuah pos keamanan jaringan yang mencegah akses tidak baik atau tidak sah ke jaringan pribadi seseorang. Tujuannya adalah menghalangi berbagai macam virus yang dapat menyerang dan merusak data pengguna.

Sejauh ini ada dua tipe alat ini yang berkembang yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras akan mengecek kesesuaian sistem keamanan berdasarkan klasifikasinya, apabila benar maka hardware atau perangkat keras tersebut bisa bekerja dengan baik.

Sedangkan, tipe perangkat lunaknya cenderung ke menerapkan keamanan di sistem komputer khususnya lalu lintas jaringan. Tugasnya adalah menyaring berbagai virus yang tersebar di internet seperti ancaman trojan dan beberapa virus berbahaya lainya.

Jenis-Jenis Firewall

Firewall berkembang sangat pesat untuk melindungi komputer dari berbagai ancaman perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk memahami lebih dalam mengenai alat ini berikut adalah beberapa jenis jenis firewall sebagai berikut.

1. Packet Filtering Firewall

Filtering firewall adalah jenis yang paling dasar untuk memeriksa paket secara sederhana. Fungsinya adalah melakukan pengecekan aspek luar seperti alamat IP Sumber, protokol, nomor port sampai dengan tujuannya. Sesuai dengan namanya, jenis ini tergantung pada paket keamanan. Screening luar paket biasanya tidak aman maka dari itu perlu adannya paket penyaringan keamanan.

2. Proxy Firewall

Proxy firewall berfungsi untuk membuka dan menutup satu jaringan ke jaringan lain pada sistem. Bisa dianalogikan sebagai gerbang diantara dua sistem atau aplikasi. Tujuannya adalah memantau lalu lintas jaringan dan mengecek satteful inspection firewallnya apakah paket data tersebut aman atau tidak.

3. Web Application Firewall

Web Application Firewall merupakan jenis yang memiliki kemampuan menyaring serta memblokir paket masuk dan keluar dari situs web. Website sekarang bisa menjadi sumber beberapa virus, untuk itulah WAF diletakan di berbagai titik mulai dari Host, Jaringan, Cloud dan lainnya. Sekarang kebanyakan sudah menggunakan proxy firewall.

Fungsi Lainnya dari Firewall 

Kebutuhan kemanaan saat mengakses internet terus meningkat salah satunya dengan memberikan Firewall. Selain memiliki fungsi utama sebagai penyaringan lalu lintas jaringan apakah aman atau tidak, alat ini juga menawarkan beberapa kemampuan. Berikut adalah beberapa fungsi lainnya dari alat ini harus pengguna ketahui.

1. Monitoring Bandwidth

Fungsi pertama dari alat ini adalah mengawasi bandwidth pada sistem keamanan jaringan. Sistem keamanannya dapat memonitor dan membatasi pemakaian bandwidth. Pemilik perangkat dapat memberikan aturan batasan penggunaan bandwidth pada konten konten seperti musik, video dan hiburan lainnya. Tujuannya agar bisa menjaga kestabilan akses dan kecepatan internet.

2. Memberikan Kestabilan saat Bermain Game Online

Kemampuan atau fungsi selanjutnya dari alat ini adalah memberikan kestabilan saat memainkan game online. Permainan game online pada dasarnya memiliki celah keamanan dengan resiko tinggi. Kecepatan pertukaran data tersebut membuat transfer data game online mudah dieksploitasi peretas. Dengan adanya alat ini maka aktivitas ini bisa lebih terjaga karena ada penyaringan saat transfer data berlangsung.

3. Mencegah Terjadinya Kebocoran Informasi

Informasi di internet memang sangat banyak, untuk beberapa website mengharuskan Anda memasukan informasi pribadi. Apabila ada beberapa orang yang tiba tiba data pribadinya bocor mungkin saja pada website tersebut telah terjadi serangan. Alat ini memiliki fungsi juga untuk mencegah adanya kebocoran informasi dari sebuah website.

Kemampuannya dalam melakukan filterisasi terhadap ancaman virus sangatlah penting. Pencurian informasi melalui jaringan internet ini sering kali terjadi. Dengan menggunakan alat ini maka kejadian seperti ini dapat diminimalisir.

Mengamankan atau memproteksi data sangatlah penting untuk itulah kehadiran alat ini sangat dibutuhkan. Proteksi data akan memberikan dampak khususnya pada organisasi atau perusahaan yang memiliki data konsumen dan itu bersifat rahasia dan sensitif.

Butuh Pengadaan Firewall? Bhinneka Adalah Solusinya

Anda butuh pengadaan Firewall untuk kantor atau bisnis Anda? Bhinneka melayani berbagai macam alat kerja melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman Suku Cadang Mesin Cetak dengan click banner di bawah ini

Layanan Pengadaan Sistem Keamanan Cloud, Firewall

Atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply