X

Kumpulan Kode Tombol Rahasia Pada Android

Smartphone android mungkin bukan merupakan barang yang asing bagi kita. Hampir semua orang memilikinya saat ini. Setiap hari kita juga menggunakannya untuk berbagai keperluan. Tapi tahukah B’Nerz kalau smartphone ini memiliki kode tombol rahasia? Kode tombol ini memang jarang diketahui orang. Pabrikannya sendiri sengaja menyembunyikannya dengan beberapa alasan. Salah satunya tentu saja agar tombol-tombol tersebut tidak sembarang diutak-atik. Takutnya akan membahayakan sistem dari smartphone itu sendiri. Tapi kalau B’Nerz penasaran, berikut ini kami sajikan beberapa kode tombol rahasia tersebut.

  1. Kombinasi angka keyboard

Ada berbagai fitur yang bisa diakses dengan menggunakan kombinasi angka keyboard. Kode-kode tersebut diantaranya adalah *#06# untuk mengetahui imei. Selanjutnya untuk mengetahui informasi seputar smartphone, bisa dial ke nomor *#*#4636#*#*. Bagi yang ingin melakukan Safe Mode Android, digunakan kode *#*#197328640#*#*. Kalau ingin masuk ke menu Reset Data, cukup tekan *#*#7780#*#*.

  1. Melakukan screenshot

Jika B’Nerz ingin melakukan screenshot atau capture dengan mudah, kode tombol rahasiapun bisa digunakan. Cukup dengan menekan volume down dan juga power on secara bersamaan selama beberapa detik, maka tangkapan layar tersebut bisa segera terambil. Hasil screenshot tersebut secara otomatis akan tersimpan dalam memori internal. Kita bisa menemukannya melalui galeri. Tetapi jika B’Nerz tidak menghendaki hasil capture masuk memori internal, maka diperlukan setting tambahan atau mungkin aplikasi untuk menempatkannya di memori eksternal.

  1. Memasuki recovery mode

Kode tombol rahasia juga dapat digunakan untuk memasuki recovery mode. Tujuan recovery mode ini adalah melakukan soft-flashing sistem atau firmware android. Jadi dengan recovery mode ini, setelan smartphone dapat dikembalikan ke Factory Reset atau setelan pabrik. Cara menggunakannya adalah smartphone yang berada dalam keadaan mati, kita tekan volume up dan tombol powernya secara bersamaan. Bisa juga dilakukan dengan menekan volume up, home dan tombol power. Perbedaan ini ditentukan oleh jenis dan merk smartphone yang digunakan.

  1. Kode tombol untuk kamera

Pada fitur kamera smartphone android juga terdapat kode tombol rahasia yang bisa B’Nerz gunakan. Kode-kode tersebut akan membuat penggunaan fitur kamera menjadi semakin praktis dan juga cepat. Kode rahasia tersebut adalah tombol up dan down dari kamera. Dengan menekan tombol tersebut pada beberapa jenis android, maka kita bisa melakukan pengambilan gambar atau penjepretan. Tetapi, pada beberapa jenis smartphone lainnya, tombol tersebut berfungsi untuk melakukan zoom in, zoom out atau bisa juga untuk mengatur tingkat kecerahan gambar.

  1. Mode operasi untuk satu tangan

Jika B’Nerz ingin mencoba mode operasi untuk satu tangan, maka kode tombol rahasia yang satu ini bisa dicoba. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggesar tampilan home ke kanan maupun ke kiri. Setelah itu akan muncul tampilan ‘Mode Operasi Satu Tangan’. Tetapi jangan kecewa jika setelah beberapa kali mencobanya, mode operasi tersebut tidak juga muncul. Hal ini dikarenakan tidak semua smartphone android memiliki mode tersebut.

  1. Membuat nada dering menjadi senyap

Terkadang kita berada pada situasi tidak bisa menerima panggilan telepon dan juga tidak bisa menolaknya. Jika berada pada situasi seperti itu, sebaiknya B’Nerz tidak usah bingung. Hal ini dikarenakan smartphone android yang sedang mendapatkan panggilan masuk bisa disenyapkan tanpa harus menolak ataupun menerima panggilan tersebut. Tombol volume yang ditekan, baik itu ke atas maupun ke bawah sudah cukup membuat nada dering tersebut menjadi senyap.

Categories: Tips & Tutorial
Bhinneka: Bhinneka merupakan pionir B2B e-commerce di Indonesia yang melayani UKM, korporasi dan instansi pemerintah. Selama lebih dari 30 tahun Bhinneka melayani pengadaan barang dan jasa, seperti: gadget, PC/laptop, peralatan networking, produk MRO, elektronik kantor, furnitur, produk digital printing, software, servis, hingga jasa instalasi. Bhinneka bekerjasama dengan LKPP untuk layani pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution. Sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka aktif memberikan solusi produk dan jasa terbaik untuk semua segmen konsumen bisnis melalui blog.
Related Post