Laptop AI ASUS Zenbook S 13 UX5304 OLED
PC & Laptop Review Produk

Laptop AI Tipis ASUS Zenbook S 13 UX5304 dengan Layar OLED

Satu per satu PC AI dikeluarkan produsen komputer ternama dunia setelah pada 26 September 2023 Microsoft meluncurkan asisten digital AI Copilot di Windows 11. Copilot hadir sebagai update non keamanan untuk Windows 11 versi 22H2 sebagai pengganti Cortana yang ditutup pada Agustus 2023. ASUS Zenbook S 13 UX5304 adalah PC AI perdana ASUS yang diluncurkan pada 10 Januari 2024. Laptop tipis OLED ini ditenagai Intel Core Ultra dengan NPU khusus yang berfungsi menjalankan fitur AI.

Laptop AI ASUS Zenbook S 13 UX5304 OLED

Prosesor Intel Core Ultra memiliki chip AI khusus atau NPU (Neural Processing Unit) yang tugasnya berfokus untuk menjalankan fungsi AI. Berbeda dari prosesor non NPU yang di mana tugas AI dijalankan oleh GPU. Kehadiran NPU membuat CPU dan GPU bisa fokus mengerjakan tugasnya masing-masing. Alhasil, konsumsi prosesor dengan NPU dapat menghemat masa pakai baterai pada laptop dengan AI. Selain itu, NPU juga memungkinkan fitur AI dapat bekerja secara offline. (Baca selengkapnya: PC AI).

Harga ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304 Terbaru

ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304 tersedia dalam dua varian spesifikasi dan harga. Yang paling murah adalah seri laptop UX5304VA yang ditenagai prosesor Intel Core i7-1355U tanpa NPU, RAM 16GB LPDDR5, dan SSD M.2 NVMe 1 TB. Varian ini dijual dengan harga Rp 23.999.000.* Sedangkan untuk varian laptop dengan NPU khusus AI UX5304MA dengan prosesor Intel Core Ultra 7 155U, RAM 32GB LPDDR5, dan SSD M.2 NVMe 1 TB dijual dengan harga Rp 25.999.000.* Di artikel ini kami akan khusus membahas varian laptop dengan NPU, maka untuk spesifikasi di bawah hanya untuk seri UX5304MA saja.

*Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Laptop ASUS Zenbook S 13 UX5304MA

Berikut ini spesifikasi lengkap laptop ASUS Zenbook S 13 UX5304MA.

Sistem Operasi Windows 11 Home
Prosesor Intel Core Ultra 7 155U 12 Cores, 14 Threads, up to 4.8 GHz (12 MB Cache)
Graphics Intel Graphics
NPU Intel AI Boost NPU
RAM 32GB LPDDR5X
Storage 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar OLED 13.3 inci 3K (2880 x 1800 piksel), 16:10 Ratio, 60 Refresh Rate, 100% DCI-P3, 600 nits, VESA Certified, TUV Rheinland, SGS Eye Care Display
Port Konektivitas USB 3.2 Type A, USB Type C Thunderbolt 3 support Display/PD, HDMI 2.1, Audio Jack
Wireless WiFi 6E 802.11ax, Bluetooth 5.3
Keyboard Backlit Chiclet keyboard with Copilot Key
Webcam FHD Camera with IR Function
Audio Built in Speaker and Microphone with Smart Amp, Harman/Kardon Technology
Baterai 63WHrs 4-cell Li-Ion
Power Supply USB Type C, 65W Adapter 100~240V
Dimensi 29.62 x 21.63 x 1.09 cm, berat: 1 kg

Fitur AI untuk Menyelesaikan Berbagai Pekerjaan

Asisten digital Copilot bisa dipanggil dengan menekan tombol Copilot khusus di keyboard. Asisten digital ini bisa menjawab berbagai pertanyaan, mencari ide, memberikan solusi, dan bantu mengecek daftar meeting hari ini. Windows 11 terbaru menghadirkan Microsoft Paint yaitu Cocreator. Fitur ini dapat membuat gambar dari instruksi teks yang Anda ketik. Semakin detil deskripsi teks yang diketik, maka semakin bagus gambar yang dihasilkan.

Fitur AI ASUS Zenbook S 13 UX5304

Fitur AI di laptop ini dapat mengelompokkan foto dan video sesuai tema gambarnya. Jadi misalnya, Anda ingin cari foto liburan, tinggal ketik “Liburan di Bali 2023.” Supaya momen foto dan video bisa makin abadi, Anda bisa gunakan Microsoft Clipchamp untuk membuat video. Aplikasi editing video yang sangat mudah digunakan ini dapat menggabungkan video, foto, audio, teks, dan efek. Anda juga bisa tambahkan efek suara, stiker, elemen grafis, dan latar belakang.

Desain Lebih Tipis dan Ringan

ASUS Zenbook S 13 UX5304 terbaru memiliki desain lebih ringkas dibanding pendahulunya (UM5302TA). Tebal laptop jadi hanya 1 cm daripada sebelumnya 1.5 cm. Sedangkan, untuk beratnya lebih ringan dari sebelumnya 1.1 kg kini menjadi 1 kg. Supaya desainnya lebih ramping, ASUS menggunakan webcam FHD IR yang lebih tipis dan panel OLED ultra tipis. Circuit board yang digunakan memiliki kerapatan wiring tinggi sehingga bisa menampung lebih banyak transistor agar bobot laptop berkurang.

Desain Laptop ASUS Zenbook S 13 UX5304

Laptop AI ASUS Zenbook S 13 UX5304 menggunakan logam perpaduan magnesium dan alumunium pada bagian dek keyboard. Touchpad menggunakan lapisan kaca tipis yang membuat navigasi mulus. Meski menggunakan material kuat, namun tetap ramah lingkungan. Cover dari plasma ceramic alumunium menggunakan air tanpa senyawa organik dan logam berat. Metode ramah lingkungan ini meningkatkan ketahanan aus, manajemen panas, perlindungan korosi, dan meningkatkan daya tahan material.

Layar 3K OLED NanoEdge Nyaman di Mata

ASUS Zenbook S 13 UX5304 memiliki layar NanoEdge dengan bezel super tipis. Resolusi layar 2880 x 1800 piksel memiliki rasio layar ke bodi 85%. Cakupan gamut warna 100% DCI-P3 dapat mereproduksi warna level profesional yang cocok untuk Anda bekerja di bidang multimedia. Aspek rasio layar 16:10 yang memuat laman website dan aplikasi office lebih luas. Memudahkan Anda untuk melihat spreadsheet lebih utuh sehingga tidak perlu terus menerus scroll.

Spesifikasi Layar Laptop ASUS Zenbook S 13 UX5304

Layar OLED ASUS dengan dukungan teknologi Dolby Vision ini juga dilengkapi sertifikasi. Akurasi warna kelas industri sudah diverifikasi PANTONE. VESA DisplayHDR TrueBlack 600 menyediakan rentang warna luas untuk kebutuhan profesional. Kemudian, untuk kenyamanan selama penggunaan jangka panjang layar laptop sudah disertifikasi TUV Rheinland dan SGS Eye Care Display. Emisi cahaya biru rendah membuat mata tidak cepat lelah dan tidak membuat sakit kepala.

Kinerja Efisien, Baterai Tahan Lama

Prosesor Intel Core Ultra di dalam laptop sudah memiliki NPU khusus yang menangani pekerjaan AI. Prosesor yang juga mendukung Intel Evo Edition dapat mengaktifkan fitur dan aplikasi lebih cepat. Koneksi WiFi lebih kencang dan memiliki efisiensi baterai lebih baik. Kapasitas baterai 63Wh membuat Anda produktif lebih lama. Ketika harus mengisi ulang daya, Anda bisa gunakan USB Type C yang mendukung kemampuan Fast Charging. Isi baterai 70% hanya memakan waktu 49 menit. Teknologi baterai terbaru meningkatkan siklus pengisian daya hingga 1200 kali.

Spek Laptop ASUS Zenbook S 13 UX5304

Fitur Menarik Lainnya

ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304 memiliki fitur menarik lainnya. Touchpad ErgoSense terasa halus karena dibuat dari lapisan kaca tipis. Permukaannya halus dan sangat responsif dalam mengenali ketukan dan pola usapan. Engsel layarnya bisa dibaringkan maksimal 180 derajat untuk memudahkan Anda berbagi materi saat meeting. Di sekitar laptop terdapat sensor cahaya yang berfungsi menyesuaikan perubahan kecerahan layar secara otomatis. Kemudian, kamera IR FHD bisa digunakan untuk login cepat dan aman.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Laptop ASUS Zenbook S 13 UX5304MA

  • Desain lebih ramping dan elegan dengan cover Plasma Ceramic
  • Punya port HDMI dan USB Type A yang umum digunakan
  • Layar OLED dengan reproduksi warna akurat untuk kebutuhan profesional
  • Daya tahan baterai hingga 16 jam.

Kekurangan Laptop ASUS Zenbook S 13 UX5304MA

  • Cukup panas dan berisik saat mode Performa
  • Keyboard kurang empuk.

Kesimpulan

ASUS Zenbook S 13 UX5304 ditenagai prosesor Intel Core Ultra dengan NPU khusus yang memungkinkannya bisa menjalankan fungsi AI secara mandiri. Kinerja laptop lebih hemat sehingga daya tahan baterai lebih lama hingga 16 jam. Port konektivitas yang tersedia sangat lengkap, masih ada USB Type A dan HDMI yang masih banyak dipakai perangkat peripheral kantor. Kualitas layar OLED jadi kelebihan utama laptop ini. Reproduksi warna profesional cocok untuk perusahaan di industri kreatif.

Bhinneka menjual perangkat kerja modern yang didukung teknologi AI (kecerdasan buatan). Anda bisa beli PC AI generasi terbaru untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Selain PC Desktop dan Laptop AI, kami juga menjual Server, CCTV, sistem Cloud, dan aplikasi Office yang kompatibel dengan AI. Cek selengkapnya di: Solusi dan Produk IT Terlengkap untuk Bisnis.

Leave a Reply