Info Bisnis

Manfaat Segmentasi Pasar dan Cara Melakukannya

Manfaat segmentasi pasar sangat banyak dan penting bagi pelaku usaha dan bisnis. Oleh karenanya mengetahui serta memahami segmentasi pasar perlu dilakukan agar bisnis dan usaha dapat berjalan secara efisien dan tepat sasaran.

Tidak melakukan segmentasi pasar atau melakukan segmentasi yang keliru dapat membuat produk yang Anda tawarkan menjadi tidak tepat sasaran, atau lebih buruknya menjadi tidak laku. Oleh karenanya dalam artikel ini kita akan membahas mengenai sejumlah manfaat dari segmentasi pasar dan tips bagaimana melakukan segmentasi pasar.

Pengertian Segmentasi Pasar

Secara sederhana, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pembagian atau pengelompokan konsumen atau pelanggan ke dalam kelompok – kelompok tertentu yang didasarkan pada sejumlah karakteristik yang sama atau serupa

Jenis – Jenis Segmentasi Pasar

Dalam melakukan pembagian atau segmentasi pasar, terdapat empat jenis kelompok atau dasar pembagian konsumen. Segmentasi pasar dapat dilakukan berdasarkan perilaku, demografis, psikografid dan juga geografis.

Segmentasi Perilaku

Segmentasi perilaku adalah pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah lakunya. Melalui segmentasi jenis ini, Anda dapat mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap sebuah bisnis.

Misalnya Anda dapat membagi konsumen berdasarkan perilaku konsumen terhadap peluncuran suatu produk baru. Apakah mereka memiliki perilaku untuk mencoba produk tersebut atau lebih ke menunggu orang lain mencoba dan membaca review terlebih dahulu.

Segmentasi Demografis

Adalah pengelompokan konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya. Misalnya Anda dapat mengelompokkan dan membagi konsumen Anda menjadi wanita yang sudah menikah atau konsumen yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana.

Segmentasi Geografis

Adalah pengelompokan konsumen menurut aspek lokasi seperti tempat tinggalnya. Misalnya saja produk dan strategi pemasaran yang ditujukan untuk konsumen yang tinggal di wilayah perkotaan tentu akan berbeda dengan konsumen yang tinggal di luar perkotaan.

Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis merupakan segmentasi pasar yang berhubungan dengan psikologis konsumen. Target pasar dibagi menjadi kelompok yang berbeda-beda  berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadiannya

Manfaat Segmentasi Pasar

Dengan melakukan segmentasi pasar, ada sejumlah keuntungan dan manfaat yang bisa Anda terima dalam memahami konsumen serta memasarkan produk yang Anda miliki. Manfaat segmentasi pasar antara lain:

  1. dapat menyesuaikan produk atau jasa yang ditawarkan agar sesuai dengan permintaan pasar
  2. dapat mengidentifikasikan peluang pasar yang menunjukkan kesempatan bagi pengembangan produk baru
  3. dapat mengidentifikasi konsumen baru yang potensial
  4. dapat merancang dan menjalankan strategi bisnis dan pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar
  5. memudahkan perusahaan mengelola keuangan, khususnya untuk pemasaran

Cara Melakukan Market Segmentation

Segmentasi pasar perlu dilakukan secara tepat agar tidak keliru dalam mengidentifikasi konsumen serta sejumlah strategi bisnis yang dijalankan dapat tepat sasaran. Sebelum melakukan segmentasi, Anda perlu memahami bahwa untuk melakukan segmentasi pasar diperlukan syarat atau kondisi pasar yang hendak dituju antara lain:

  1. Target pasar bisa diukur, misalnya dari segi jumlah atau usia
  2. Bisa diakses oleh perusahaan
  3. Skala target pasar cukup besar
  4. Dapat dibedakan, maksudnya tiap-tiap kelompok target pasar bisa dibedakan dengan jelas.
  5. Pasar yang dituju bisa memberi keuntungan untuk perusahaan

Apabila sejumlah kondisi di atas terpenuhi, Anda dapat mulai melakukan segmentasi pasar. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan segmentasi pasar antara lain:

  1. Kenali produk yang hendak Anda tawarkan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk Anda dan kompetitornya
  2. Tentukan target pasar berdasarkan kriteria segmentasi pasar, baik salah satu atau gabungan (demografis, geografis, perilaku atau kebiasaan  dan psikografis)
  3. Lakukan survei untuk menganalisa konsumen dari segmentasi pasar yang sudah Anda tentukan
  4. Sesuaikan strategi pemasaran yang Anda miliki dengan informasi yang Anda peroleh dan lakukan penyesuaian jika dibutuhkan
  5. Lakukan identifikasi dan segmentasi ulang apabila hasil awal belum sesuai atau belum optimal.

Demikian penjelasan mengenai sejumlah manfaat dari melakukan segmentasi pasar dan sejumlah tips cara melakukan segmentasi pasar agar tepat sasaran.

Leave a Reply