X

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Bila Diminum Rutin

Susu kedelai menjadi salah satu alternatif minuman susu yang mulai populer dan digemari. Sama seperti susu sapi, susu kedelai juga memiliki berbagai nutrisi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Namun ada sejumlah kelebihan yang dimiliki susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai kandungan nutrisi dalam susu kedelai dan apa saja manfaat susu kedelai untuk kesehatan.

Susu kedelai juga saat ini mudah ditemui di pusat perbelanjaan atau minimarket. Tidak jarang susu kedelai kini juga hadir dengan beragam rasa seperti cokelat.

Kandungan Nutrisi dan Kelebihan Susu Kedelai

Tentu Anda sudah dapat menebak kalau susu kedelai adalah susu yang dibuat dari kacang kedelai yang diolah. Dilihat dari sumbernya yang berupa kacang kedelai, dapat dikatakan susu kedelai adalah salah satu susu nabati. Berbeda dengan susu sapi yang merupakan susu hewani karena berasal dari hewan.

Sama seperti susu sapi, susu kedelai juga merupakan sumber protein. Kandungan gizi dan mineral pada susu kedelai juga sama dengan nutrisi yang terdapat pada kacang kedelai. Akan tetapi, tidak jarang beberapa produsen susu yang menambahkan sejumlah vitamin atau mineral tambahan pada produk susu kedelai yang dijualnya.

Karena susu kedelai berasal dari nabati, yaitu kacang kedelai, susu ini cocok dan bisa dikonsumsi oleh orang – orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa atau tidak dapat meminum susu sapi. Selain itu susu kedelai juga rendah kolesteral dan rendah lemak jenuh. Susu kedelai juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi dan memelihara sel tubuh dari radikal bebas.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Susu kedelai mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin B kompleks, zat besi, tembaga, magnesium, protein dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat meminum susu kedelai untuk kesehatan

Rendah Kalori dan Kolesterol

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai juga memiliki kandungan protein yang tidak kalah tinggi dan berbagai vitamin serta mineral lainnya. Namun karena berasal dari kacang – kacangan, susu kedelai dapat dikatakan lebih sehat karena memiliki kalori yang lebih rendah, serta kolesterol dan lemak jenuh yang juga lebih rendah dibanding susu sapi

Membantu Proses Pertumbuhan

Susu merupakan salah satu minuman bergizi yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak – anak. Pada anak – anak yang memiliki intoleransi laktosa, dapat menggunakan alternatif susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Susu kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik yang diperlukan oleh tubuh.

Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Susu kedelai mengandung berbagai macam antioksidan yang berasal dari kacang kedelai. Antioksidan ini berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Susu kedelai dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan obesitas.

Mengandung Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil

Kacang kedelai mengandung folat atau vitamin B9. Zat ini penting dan berguna sebagai nutrisi untuk ibu hamil. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi susu kedelai sebelum dan selama hamil, akan terpenuhi kecukupan dari folat atau vitamin B9 nya sehingga memiliki plasenta yang lebih sehat dan berat janin yang baik.

Mencegah Anemia

Susu kedelai kaya akan zinc atau zat besi. Pada 100 gram susu kedelai mengandung sekitar 0,7 mg zat besi dan 1,0 mg zinc. Konsumsi susu kedelai dapat membantu untuk mencegah tubuh kekurangan zat besi dan menyebabkan anemia.

Demikian sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi susu kedelai. Susu kedelai bisa dijadikan alternatif untuk susu sapi. Tetapi, tidak semua orang cocok dan bisa minum susu kedelai, terutama bayi yang alergi. Oleh karenanya ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apakah susu kedelai cocok atau tidak untuk Anda jika Anda memiliki masalah alergi.

Categories: Tips & Tutorial
Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post