Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat teh hijau semakin banyak diketahui seiring semakin banyak orang yang menggemari minuman ini. Teh hijau atau green tea sendiri semakin populer karena banyak menu makanan atau minuman yang menggunakan green tea. Green tea juga sering disajikan di restoran – restoran Jepang.

Khasiat teh hijau sendiri sudah dikenal cukup lama dari zaman dahulu, dimana baik di China dan Jepang, teh hijau juga dijadikan sebagai salah satu bahan obat – obatan tradisional. Lalu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutin meminum teh hijau?

Mengkonsumsi Green Tea yang Sehat

Teh hijau banyak mengandung nutrisi atau zat serta vitamin seperti vitamin B1, B2, C yang berguna untuk tubuh, misalnya saja anti oksidan dan anti radang serta anti bakteri. Hal ini menjadikan teh hijau dapat membantu untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Namun perlu diingat, tidak semua minuman teh hijau menyehatkan dan berguna untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kandungan teh hijau, maka sebaiknya konsumsi teh hijau tanpa tambahan seperti gula atau pemanis.

manfaat teh hijau

Seringkali minuman kekinian ataupun makanan kekinian yang menggunakan teh hijau, mencampur teh hijau tersebut dengan bahan lain seperti gula atau pemanis seperti sirup pada minuman green tea kekinian. Akibatnya justru dapat merugikan kesehatan karena kandungan dari pemanis yang tinggi dibandingkan dengan manfaat teh hijau yang Anda dapatkan.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari teh hijau apabila dikonsumsi dengan benar. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teh hijau:

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingginya kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Kolestrol dapat menumpuk dan memicu serangan jantung. Teh hijau dipercaya dapat membantu menurunkan serta menjaga kadar kolestrol agar tetap normal

Mencegah Diabetes

Selain penyakit jantung, teh hijau juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh. Hal ini dapat membantu Anda untuk menjaga kadar gula agar tetap rendah dan normal sehingga lebih rendah risiko diabetesnya.

Menjaga Tekanan Darah

Bagi para penderita darah tinggi, kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Mencegah Kantuk dan Meningkatkan Energi

Teh hijau memiliki kandungan kafein seperti kopi. Kandungan kafein dalam teh hijau dapat membuat seseorang menjadi tersadar dan tidak mengantuk, menjadikan Anda lebih fokus serta memberikan Anda energi tambahan. Hal ini membuat teh hijau dapat dijadikan alternatif selain kopi.

green tea

Mencegah Infeksi & Menangkal Radikal Bebas

Teh hijau memiliki kandungan katekin dan kandungan yang bersifat antioksidan. Oleh karenanya, teh hijau dapat membantu menjaga agar tubuh terbebas dari radikal bebas dan infeksi virus atau bakteri yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh hijau selain berguna untuk kesehatan juga bermanfaat untuk kecantikan. Teh hijau memiliki kandungan EGCG atau Epigallocatechin Gallate yang dapat membantu meningkatkan metabolisme. Kandungan EGCG ini juga berguna bagi Anda yang sedang diet.

EGCG dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Sehingga selain olahraga rutin, Anda juga dapat menyertakan teh hijau dalam pola konsumsi sehat Anda untuk membantu diet yang sedang Anda jalani.

Banyaknya manfaat teh hijau menjadikan teh hijau semakin populer sebagai minuman. Namun perlu diingat, konsumsi teh hijau juga tidak dapat berlebihan karena teh hijau mengandung kafein. Kadar kafein yang terlalu tinggi atau berlebihan juga tidak menyehatkan untuk tubuh.

Leave a Reply