Laptop Gaming AI MSI Cyborg 15 A1V
PC & Laptop Review Produk

MSI Cyborg 15 A1V: Laptop AI untuk Gamer & Content Creator

Teknologi AI (kecerdasan buatan) tidak hanya cocok untuk menunjang produktivitas. Namun, teknologi ini juga bisa diaplikasikan di PC khusus gaming. NPU di dalam prosesor membuat AI bisa mendeteksi skenario penggunaan dan menyesuaikan mode kinerja yang sesuai. Salah satu rekomendasi laptop gaming AI dari kami adalah MSI Cyborg 15 A1V. NPU membuat konsumsi daya lebih hemat dan memungkinkan fitur AI berjalan secara lokal. (Selengkapnya: PC AI).

Laptop Gaming AI MSI Cyborg 15 A1V

MSI Cyborg 15 AI A1V cocok untuk gamer yang membutuhkan laptop untuk kerja. Performanya kencang dan hemat daya dapat menangani tugas dari aplikasi berat atau membuat konten. Streamer Game bisa memanfaatkan laptop ini untuk live streaming dan edit konten di satu perangkat. Prosesor Intel Core Ultra 7 seri H punya 6 Performance Cores, 8 Efficiency Cores, dan 2 Low Power Cores dengan kecepatan hingga 4.8 GHz. Di dalamnya ada NPU Intel AI Boost yang berfungsi menangani tugas yang berhubungan dengan AI.

Harga Laptop Gaming MSI Cyborg 15 A1V

MSI Cyborg 15 AI A1V tersedia dalam dua seri yaitu A1VEK dan A1VFK. Laptop gaming AI MSI Cyborg 15 A1VEK ditenagai prosesor Intel Core Ultra 7 155H, SSD 512 GB, dan NVIDIA GeForce RTX 4050. Seri ini dijual dengan harga Rp 19.299.000. Seri A1VFK dijual lebih mahal karena punya spek lebih tinggi. MSI Cyborg 15 A1VFK dengan prosesor Intel Core Ultra 7 155H, SSD 1 TB, dan NVIDIA GeForce RTX 4060 dijual dengan harga Rp 21.499.000. Tersedia kapasitas RAM Dual Channel lain: 16GB, 32GB, dan 64GB dengan harga berbeda.

*Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Laptop MSI Cyborg 15 AI A1V

Berikut ini spesifikasi lengkap laptop gaming AI MSI Cyborg 15 A1V terbaru.

MSI Cyborg 15 AI A1VEK MSI Cyborg 15 AI A1VFK
Sistem Operasi Windows 11 Home
Prosesor Intel Core Ultra 7 155H, 16 Cores (6 Performance + 8 Efficiency + 2 Low Power) up to 4.8 GHz, 24MB Cache
Graphics NVIDIA GeForce RTX 4050 6GB GDDR6, Max Power 45W NVIDIA GeForce RTX 4060 8GB GDDR6, Max Power 45W
NPU Intel AI Boost Intel AI Boost
RAM 2x 8GB DDR5-5600
Storage 512 GB SSD NVMe PCIe Gen4 1 TB SSD NVMe PCIe Gen4
Layar IPS LCD, 15.6 inci FHD (1920 x 1080 piksel), Refresh Rate 144Hz
Port Konektivitas USB 3.2 Type A, USB 3.2 Type C support DisplayPort, HDMI 2.1, LAN Gigabit Ethernet, Audio Jack
Wireless WiFi 6E AX211, Bluetooth 5.3
Keyboard RGB Gaming Keyboard 4-zone with Copilot Key
Webcam HD Webcam 30fps 720p
Audio 2x 2W Audio Speaker, Hi-Res Audio, DTS Audio Processing
Baterai 53.5 Whr 3-cell Li-Ion
Power Supply AC Adaptor 120W
Dimensi 359.36 x 250.34 x 21.95 mm, berat: 1.98 kg

Apa Manfaat AI untuk Laptop Gaming ?

MSI Cyborg 15 AI A1V ditenagai prosesor Intel Core Ultra yang memiliki NPU atau chip khusus untuk jalankan fungsi AI. Dengan begini, CPU dan GPU tidak lagi dibebani pekerjaan AI yang berat. Keuntungannya, konsumsi daya jadi lebih hemat dan baterai tahan lama. Laptop dilengkapi teknologi MSI Intelligent secara default. Ini memungkinkan fitur AI bekerja optimal dan otomatis. Fitur MSI AI Engine mendeteksi skenario pengguna dan menyesuaikan pengaturan perangkat keras secara otomatis.

Fitur AI Laptop MSI Cyborg 15 A1V

Fitur lain yang dapat membantu gamer dan content creator adalah AI Noise Cancellation Pro. Fitur ini menyaring suara berisik dari sekitar Anda. Sangat berguna saat live streaming dan video meeting. Baik Anda atau lawan bicara bisa mendengar suara yang sama jernihnya. Lalu, fitur MSI AI Artist dapat membuat gambar dengan perintah teks atau menambahkan teks di dalam gambar. Fitur ini kompatibel di berbagai aplikasi desain yang mendukung.

Performa Hebat dan Efisien

MSI Cyborg 15 AI A1V ditenagai prosesor Intel Core Ultra 7 155H dengan NPU terintegrasi yang membantu menghemat konsumsi daya. 6 Performance Cores dengan 8 Efficiency dan 2 Low Power Cores memiliki kecepatan hingga 4.8 GHz. Untuk grafiknya, laptop ini didukung NVIDIA GeForce RTX 40 dengan kemampuan Ray Tracing. NVIDIA DLSS 3 dengan AI memastikan Ray Tracing bekerja penuh saat menjalankan game atau aplikasi kreatif.

Spek Laptop MSI Cyborg 15 AI A1V

Laptop MSI ini juga didukung fitur NVIDIA Max-Q bertenaga AI. Fitur ini mengoptimalkan sistem PC agar masa pakai baterai awet, tidak berisik, walaupun ukuran laptop tipis. NVIDIA RTX 40 dilengkapi AI Tensor Cores yang sanggup menjalankan beragam tugas AI dan komputasi kinerja tinggi (HPC). Peningkatan performa AI hingga 4x lipat sehingga cocok untuk menangani beban kerja di laptop dengan AI.

Desain Terinspirasi Gaya Cyberpunk

MSI Cyborg 15 AI A1V memiliki bobot hanya 1.98 kg dan tebal 21.99 mm. Dimensinya yang ringkas cocok untuk Anda yang suka main game atau edit konten di mana saja. Bahan Alumunium di cover tidak hanya membuatnya lebih elegan, namun juga membuatnya tetap ringan. Tombol WASD dibuat terlihat menonjol dengan warna neon. Tombol spasi, panas, dan Power memiliki akses Sci-Fi untuk memberi gaya Cyberpunk. Yang unik, di bawah laptop ada ventilasi yang membentuk tulisan “MSI True Gaming.”

Kelebihan Laptop Gaming AI MSI Cyborg 15 A1V

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Laptop MSI Cyborg 15 AI A1V

  • Kinerja hebat Intel Core Ultra 7 dan NVIDIA RTX 40
  • Mampu memainkan game di setingan 1080p dengan baik
  • Harga sebanding dengan spek gaming yang ditawarkan
  • Keyboard RGB 4-zone dengan tombol WASD yang menonjol.

Kekurangan Laptop MSI Cyborg 15 AI A1V

  • Kualitas warna layar masih bisa ditingkatkan
  • Tidak memiliki port Thunderbolt 4.

Kesimpulan

MSI Cyborg 15 A1V sangat cocok untuk gamer dan content creator. Tidak perlu beli banyak PC untuk berbagai kebutuhan komputasi. Dalam satu perangkat Anda bisa live streaming lancar dengan edit konten untuk upload di media sosial dan YouTube. Performanya bisa diandalkan untuk prosesor Intel Core Ultra dan NVIDIA RTX 40. Namun, masih ada yang perlu ditingkatkan yaitu dari segi visual.

Bhinneka menjual perangkat kerja modern yang didukung teknologi AI (kecerdasan buatan). Anda bisa beli PC AI generasi terbaru untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Selain PC Desktop dan Laptop AI, kami juga menjual Server, CCTV, sistem Cloud, dan aplikasi Office yang kompatibel dengan AI. Cek selengkapnya di: Solusi dan Produk IT Terlengkap untuk Bisnis.

Leave a Reply