Kelebihan Laptop AI MSI Prestige 13 A1M
PC & Laptop Review Produk

MSI Prestige 13 A1M: Laptop AI dengan Sertifikat Intel Evo

Kehadiran Copilot AI di Windows 11 memungkinkan produk laptop terbaru di tahun 2024 memanfaatkan AI untuk bantu tingkatkan produktivitas. MSI Prestige 13 A1M AI Evo adalah salah satu laptop AI dengan Copilot yang memungkinkan kinerja komputasi lebih cerdas, cepat, dan hemat daya. Teknologi AI membuat perangkat PC lebih personal. Laptop AI mempelajari pola penggunaan dan tugas-tugas apa yang sedang dikerjakan. Ini memungkinkan PC dapat memberi bantuan yang paling tepat dengan kebutuhan pengguna.

Kelebihan Laptop AI MSI Prestige 13 A1M

Laptop AI MSI Prestige 13 A1M ditenagai prosesor Intel Core Ultra dengan NPU khusus yang berfungsi menjalankan tugas AI. Dengan begini, CPU dan GPU bisa lebih fokus mengerjakan tugasnya masing-masing. Kehadiran NPU tidak hanya membuat kinerja PC lebih efektif untuk jangka panjang, namun juga dapat kurangi konsumsi baterai dibanding laptop dengan prosesor tanpa NPU. (Baca selengkapnya: PC AI).

Harga Laptop AI MSI Prestige 13 A1M Terbaru

MSI Prestige 13 A1M tersedia dalam dua varian prosesor dan kapasitas RAM. Varian pertama adalah Intel Core Ultra 7 155H dengan RAM 32GB yang dijual dengan harga Rp 20.999.000.* Sedangkan, untuk varian kedua adalah Intel Core 5 125H dengan RAM 16GB yang dijual lebih murah dengan harga Rp 18.499.000.* Kedua varian ini dibekali SSD kapasitas besar 1TB dan layar OLED 13.3 inci beresolusi QHD+.

*Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Laptop MSI Prestige 13 A1M

MSI Prestige 13 A1M hadir dalam dua varian. Berikut ini spesifikasi lengkapnya:

MSI Prestige 13 AI Evo A1MG-018ID MSI Prestige 13 AI Evo A1MG-019ID
Sistem Operasi Windows 11 Home
Prosesor Intel Core Ultra 7 155H, 16 Cores (6 Performance Cores + 8 Efficiency Cores + 2 Low Power Cores) up to 4.8 GHz, 24 MB Cache Intel Core Ultra 5 125H, 14 Cores (4 Performance Cores + 8 Efficiency Cores + 2 Low Power Cores) up to 4.5 GHz, 18 MB Cache
Graphics Intel Arc Graphics Intel Arc Graphics
NPU Intel AI Boost 1.4 GHz Intel AI Boost 1.4 GHz
RAM 32GB LPDDR5-6400 16GB LPDDR5-6400
Storage 1TB NVMe SSD PCIe Gen 4 1TB NVMe SSD PCIe Gen 4
Layar OLED, 13.3 inci QHD+ (2880 x 1800 piksel), VESA DisplayHDR 500 Certified, 100% DCI-P3
Port Konektivitas USB Type A Gen 3.2, USB Type C Thunderbolt 4, HDMI, MicroSD Card Reader
Wireless WiFi 7 802.11be, Bluetooth 5.4
Keyboard Single Backlit Keyboard with Copilot Key
Webcam IR FHD Camera with HDR and 3D Noise Reduction (3DNR)
Audio 2x 2W Speaker, Hi-Res Audio, DTS Audio, Spatial Array Microphone
Baterai 4-Cell 75WHrs Li-Ion
Power Supply 65W Adaptor/USB Type C with PD 3.0 Charging
Dimensi 299 x 210 x 16.9 mm, berat: 0.99 kg

MSI AI Engine Kini Lebih Cerdas

MSI Prestige 13 A1M adalah laptop AI dengan MSI Intelligent Technology yang menghadirkan fitur cerdas otomatis untuk tingkatkan kenyamanan bekerja. MSI AI Engine dapat mengenali skenario penggunaan dan sesuaikan pengaturan hardware secara otomatis untuk mencapai kinerja komputasi lebih baik. Mode yang ditenagai AI membuat Anda bisa lebih mudah membuat karya, bekerja, dan main game. Ditambah lagi, ada AI Noise Cancellation Pro yang membuat Anda bisa video call tenang di lingkungan yang berisik.

Harga Laptop AI MSI Prestige 13 A1M

Fitur unggulan di laptop MSI terbaru ini adalah Intelligent Meeting dengan Spatial Array Microphone (3 Mic) yang dapat menangkap suara dari 360 derajat. Suara kemudian disesuaikan ulang agar tetap jernih untuk didengar lawan bicara. Kinerja laptop saat memutar konten multimedia juga ditingkatkan. Resolusi lebih tinggi dan kecerahan lebih nyaman di mata. Fitur kreatif lainnya dari Windows 11 juga bisa dinikmati, misalnya membuat desain gambar dari deskripsi teks sebagai instruksi.

Kinerja Hebat dengan Sertifikasi Intel Evo

Laptop AI MSI Prestige 13 dengan sertifikasi Intel Evo Edition membuat laptop bisa menangani pekerjaan dari aplikasi berat dengan mudah. Ditambah lagi, berkat bantuan NPU yang fokus menangani tugas AI, jadinya CPU dan GPU bisa lebih fokus mengerjakan program yang sedang Anda jalankan. Baik varian Intel Core Ultra 7 atau 5, sama-sama ditenagai Intel AI Boost dengan kemampuan yang sama. Saat terhubung ke online, WiFi 7 dengan kecepatan hingga 5.8 Gbps, atau 2.4x lebih cepat dibanding WiFi 6/6E yang hanya 2.4 Gbps.

Laptop AI MSI Prestige 13 A1M untuk Produktivitas Kantor

Prosesor Intel Core Ultra dengan NPU khusus untuk pekerjaan AI membuat CPU dan GPU bisa fokus mengerjakan tugasnya masing-masing. Berbeda dari laptop biasa yang di mana pekerjaan AI masih dibebankan ke GPU. Ini membuat konsumsi daya makin boros. Prosesor dengan NPU merupakan solusi untuk memastikan laptop tetap bisa menjalankan AI tanpa efisiensi daya. Keuntungannya, baterai laptop bisa bertahan hingga 15 jam. Baterai bisa diisi cepat karena mendukung Fast Charging.

Perlindungan dari Ancaman Siber dan Fisik

Webcam dengan resolusi FHD didukung fitur Infrared (IR) yang bisa mendeteksi keberadaan Anda. Saat kamera tidak mendeteksi keberadaan Anda, laptop bisa langsung terkunci otomatis. Webcam IR FHD mendukung Windows Hello yang bisa mengenali wajah untuk login cepat dan mudah. Juga ada sensor sidik jari untuk opsi login yang lain. Saat tidak digunakan, Webcam Shutter dapat menutup kamera secara fisik untuk mencegah orang tak bertanggung jawab mengganggu privasi Anda. Untuk melindungi dari ancaman fisik, laptop sudah melalui pengujian berstandar MIL-STD 810H. Aman dari guncangan, benturan, hingga suhu ekstrem.

Fitur Keamanan Laptop AI MSI Prestige 13

Layar OLED Cocok untuk Pacu Produktivitas

MSI Prestige 13 A1M menggunakan panel layar OLED yang lebih cerah. Layar OLED mampu menghasilkan warna hitam lebih pekat dan putih lebih terang. Kontras warna tinggi bisa membuat gambar dari foto atau video lebih hidup. Aspek rasio layar laptop AI MSI ini sudah 16:10. Layar terlihat lebih luas menampilkan aplikasi office, seperti spreadsheet atau word. Halaman website juga lebih luas ke samping dan bawah. Layar OLED 100% DCI-P3 dan memiliki sertifikasi VESA DisplayHDR. Visual lebih nyaman di mata, tidak bikin mata cepat lelah atau kepala pusing saat digunakan dalam jangka waktu lama.

Layar Laptop AI MSI Prestige 13 A1M

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan MSI Prestige 13 A1M

  • Layar OLED punya kualitas warna lebih baik dibanding IPS
  • Kinerja handal untuk penggunaan komputasi harian
  • Berat kurang dari 1 kg, nyaman dibawa-bawa
  • Port konektivitas lengkap pas untuk kebutuhan saat ini
  • Dukungan WiFi 7 terbaru dengan kecepatan nirkabel tinggi.

Kekurangan MSI Prestige 13 A1M

  • Layar tidak Anti Glare, pantulan cahaya di layar cukup mengganggu
  • Kipas pendingin hanya satu dan selalu aktif
  • RAM tidak bisa diupgrade.

Kesimpulan

MSI Prestige 13 A1M adalah laptop AI yang cukup worth it untuk Anda yang membutuhkan kinerja visual terbaik. Layar OLED hasilkan kualitas gambar luar biasa dibanding laptop sejenis yang menggunakan panel IPS. Namun, karena belum dilapisi Anti Glare jadi kurang nyaman dipakai bekerja di kondisi lingkungan yang terang. Prosesor Intel Core Ultra dan kapasitas RAM yang besar cocok untuk menangani pekerjaan komputasi sehari-hari. WiFi 7 juga jadi kelebihan yang perlu dipertimbangkan, koneksi nirkabel 2x lebih cepat dari WiFi generasi sebelumnya.

Bhinneka menjual perangkat kerja modern yang didukung teknologi AI (kecerdasan buatan). Anda bisa beli PC AI generasi terbaru untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Selain PC Desktop dan Laptop AI, kami juga menjual Server, CCTV, sistem Cloud, dan aplikasi Office yang kompatibel dengan AI. Cek selengkapnya di: Solusi dan Produk IT Terlengkap untuk Bisnis.

Leave a Reply