Info Bisnis

Pengertian Biaya dan Jenis – Jenis Biaya dalam Bisnis

Memahami pengertian biaya dan jenis – jenis biaya penting bagi seorang pengusaha atau Anda yang hendak menjalankan suatu bisnis. Masing – masing dari biaya ini merupakan komponen yang perlu dikeluarkan oleh suatu bisnis atau perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Dengan memahami biaya secara tepat dan mengklasifikasikan biaya dengan sesuai, seseorang akan dapat menentukan dan menghitung biaya dengan cermat sehingga dapat meminimalisir kerugian – kerugian yang mungkin terjadi. Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu pengertian biaya dan apa saja jenis – jenis biaya dalam suatu bisnis.

Pengertian Biaya

adalah sejumlah uang yang perusahaan keluarkan untuk menghasilkan produk atau jasa.  Menghitung jumlah biaya yang keluar sangat penting. Sebab, berkaitan dengan keuntungan yang didapatkan perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Mengapa Perlu Menghitung Biaya?

Biaya perlu diklasifikasikan dan dihitung secara cermat dan tepat. Mengetahui besarnya biaya yang dikeluarkan dalam suatu bisnis dapat membantu agar seorang pengusaha terhindari dari kerugian yang mungkin terjadi.

Salah satu alasan sederhana untuk menghitung biaya adalah mengetahui berapa banyak biaya yang dikeluarkan dalam satu periode dan mengetahui seberapa besar keuntungan dalam satu periode tersebut.

beda biaya tetap dan biaya variabel

Ada beberapa faktor lain yang menjadi dasar alasan kenapa menghitung biaya dalam menjalankan suatu bisnis itu penting:

  1. Sebagai Dasar Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP)
  2. Mengetahui besarnya biaya agar operasional terjamin dan tidak terhambat
  3. Untuk menentukan Margin Profit
  4. Sebagai dasar analisa untuk menentukan rencana usaha dan bisnis

Jenis – Jenis Biaya

Biaya sendiri terdiri dari berbagai macam jenis berdasarkan klasifikasi dan jenis biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, misalnya saja biaya rutin, biaya variabel, biaya tidak langsung seperti penyusutan dan lainnya.

Berikut ini beberapa jenis biaya yang terdapat dalam suatu usaha atau bisnis:

Biaya Tetap (Fixed Cost)

Adalah biaya dengan jumlah nominal sama yang harus dibayarkan pada setiap proses produksinya. Artinya besarnya biaya adalah sama terlepas apakah produksi meningkat, menurun atau tidak ada proses produksi sama sekali.

Biaya Variabel (Variable Cost)

Biaya variabel dalam biaya produksi adalah pengeluaran yang besarannya bergantung pada output. Apabila produksi barang semakin tinggi, maka biaya variabel juga akan mengalami peningkatan. Sebaliknya, jika produksi menurun, maka variable cost juga akan menurun.

Biaya Semivariabel (Semi Variablecost)

Biaya semivariabel atau mixed/semivariable cost merupakan pengeluaran yang memiliki elemen biaya tetap maupun variabel di dalamnya.  Biaya ini akan mengalami perubahan tetapi besarnya tidak selalu sebanding. Contoh biaya listrik, air, dan telepon.

Biaya Marginal (Marginal Cost)

Biaya marginal adalah biaya tambahan yang dikeluarkan perusahaan untuk meningkatkan proses produksi. Biaya marginal ini didapatkan dengan cara menambahkan biaya variabel ketika proses produksi.

Biaya Langsung (Direct Cost)

Biaya langsung atau direct cost merupakan biaya yang dikeluarkan saat ada kebutuhan wajib dan harus dipenuhi saat itu juga.  Biaya tersebut berkaitan langsung dalam memproduksi satuan output seperti biaya bahan baku atau tenaga kerja.

Biaya Tidak Langsung (Indirect Cost)

Biaya tidak langsung atau indirect cost merupakan biaya overhead pabrik atau dikeluarkan karena berkaitan dengan proses produksi secara keseluruhan bukan tiap satuan output

Biaya Total (Total Cost)

Merupakan total gabungan dari biaya tetap dan biaya variabel. Biaya total ini adalah total dari seluruh pengeluaran baik dari bahan baku, biaya operasional, sampai biaya untuk memasarkan.

Biaya Hangus (Sunk Cost)

Biaya hangus yakni biaya pengeluaran yang tidak bisa dikembalikan sebagai akibat dari risiko pengalokasian tersebut

Biaya Penyusutan

Biaya penyusutan merupakan biaya yang nilainya semakin berkurang dari waktu ke waktu karena manfaat atau kualitas aktiva tersebut menurun

Demikian penjelasan mengenai biaya dan apa saja jenis – jenis biaya yang dapat terjadi dalam menjalankan suatu bisnis dan usaha.

Leave a Reply