Info Bisnis

Pengertian dan Fungsi High Pressure Cleaner

Masih banyak sebagian dari kita yang belum mengetahui apa itu High Pressure Cleaner dan apa saja fungsi dari High Pressure Cleaner. Pressure Cleaner sendiri merupakan salah satu alat pembersih yang banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, bisnis dan usaha kecil hingga pemakaian industri.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara singkat apa itu mesin pembersih bertekanan tinggi atau High Pressure Cleaner dan apa saja fungsi serta kegunaan dari mesin tersebut.

Apa Itu Mesin Pembersih Bertekanan Tinggi

High Pressure Cleaner atau disebut juga High Pressure Washer adalah alat yang dirancang khusus untuk menghasilkan air bertekanan tinggi. Air bertekanan tinggi ini dapat digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan.

Tekanan air yang tinggi yang dihasilkan oleh high pressure cleaner dapat sangat efektif dalam menghilangkan kotoran dan noda, bahkan noda yang membandel dari berbagai permukaan. Ini membuat high pressure cleaner sangat membantu dibandingkan membersihkan dengan menggunakan selang air biasa tanpa bertekanan tinggi.

fungsi high pressure cleaner

Fungsi High Pressure Cleaner

Seringkali kita alami perlu upaya lebih untuk membersihkan noda atau kotoran misalnya lumpur pada kendaraan atau noda di area kerja seperti pabrik. Penggunaan selang air biasa tidak akan efektif untuk membersihkan noda yang sudah menempel lama dan membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya.

Untuk itu diperlukan High Pressure Cleaner atau High Pressure Washer yang dapat menghasilkan air bertekanan tinggi. Berdasarkan tipe penggunaannya, HPC sendiri dibedakan menjadi HPC yang digunakan untuk keperluan sehari – hari dan juga keperluan profesional.

High Pressure Cleaner untuk keperluan sehari – hari misalnya digunakan untuk membersihkan noda dan kotoran pada mobil, motor, membersihkan pekarangan rumah atau membersihkan karpet. Sedangkan High Pressure Cleaner untuk kebutuhan profesional biasanya digunakan untuk kebutuhan berbagai industri misalnya untuk membersihkan permukaan beton, lantai pabrik, membersihkan alat berat, dan banyak lagi.

Adapun fungsi dasar dari High Pressure Cleaner antara lain sebagai berikut:

Membersihkan Kendaraan

High Pressure Cleaner seringkali digunakan untuk mencuci kendaraan di rumah. Bahkan penggunaannya meluas dan banyak digunakan dalam dunia usaha kecil seperti usaha cuci mobil dan cuci motor. High Pressure Cleaner dapat membersihkan debu, lumpur atau kotoran yang menempel pada permukaan mobil dan motor.

Membersihkan Kolam Renang

High Pressure Cleaner juga dapat digunakan di bidang industri perhotelan, apartment atau tempat yang memiliki kolam renang untuk membersihkan kolam. Air bertekanan tinggi dapat dengan mudah membersihkan kerak alga dari permukaan keramik lantai dan dinding kolam.

Membersihkan Alat Berat

High Pressure Cleaner juga seringkali digunakan dalam bidang industri konstruksi, pertambangan dan industri yang menggunakan alat berat seperti traktor, loader. Tekanan tinggi dapat menghilangkan minyak, debu, dan kotoran yang menumpuk pada peralatan pertanian, konstruksi, atau alat-alat lainnya.

Membersihkan Gudang dan Pabrik

Tekanan air tinggi dari mesin HPC sangat berguna untuk membersihkan lantai pabrik atau gudang yang luas. Tekanan tinggi dapat menghapus minyak, gemuk, dan kotoran industri lainnya dengan cepat.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari High Pressure Cleaner dan apa saja fungsi dari mesin pembersih bertekanan tinggi tersebut. Dalam memilih high pressure washer juga perlu memperhatikan sejumlah hal agar Anda tidak salah pilih. Dalam artikel berikutnya kita akan membahas mengenai cara memilih high pressure cleaner.

Leave a Reply