Info Bisnis

Pengertian dan Jenis Segmentasi Pasar

Memahami pengertian Segmentasi Pasar dan mengetahui jenis segmentasi pasar yang hendak dituju merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha dan bisnis. Hal ini tidak terlepas dari fungsi segmentasi pasar yang cukup penting dan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan.

Seringkali perusahaan merugi atau tidak dapat secara optimal menjangkau pelanggan dan memasarkan produknya karena segmentasi pasar yang keliru. Oleh karenanya dalam artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian segmentasi pasar dan jenis – jenis dari segmentasi pasar.

Pengertian Segmentasi Pasar

Secara sederhana, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pembagian atau pengelompokan konsumen atau pelanggan ke dalam kelompok – kelompok tertentu yang didasarkan pada sejumlah karakteristik yang sama atau serupa.

Menurut ahli, segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai pembagian sebuah pasar ke dalam kelompok berbeda yang ditujukan untuk melakukan pemasaran sesuai karakteristik, kebutuhan, serta keinginannya masing-masing.

Fungsi dan Tujuan dari Market Segmentation

Melalui segmentasi pasar, perusahaan dapat mengetahui target konsumen mana yang tepat untuk bisnisnya. Dengan demikian, bisnis diharapkan bisa memberikan hasil secara optimal dan memiliki efektifitas pemasaran yang tinggi.

Adanya segmentasi pasar ini tidak terlepas dari banyaknya konsumen yang memiliki keinginan dan kebutuhan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Konsumen yang satu belum tentu cocok atau sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Oleh karenanya, perlu ada segmentasi untuk mengetahui kelompok konsumen mana yang sesuai dijadikan target pemasaran dari produk Anda agar strategi pemasaran dapat dirancang dan dijalankan secara efektif.

Jenis – Jenis Segmentasi Pasar

Dalam melakukan pembagian atau segmentasi pasar, terdapat empat jenis kelompok atau dasar pembagian konsumen. Segmentasi pasar dapat dilakukan berdasarkan perilaku, demografis, psikografid dan juga geografis.

jenis segmentasi pasar

Segmentasi Perilaku

Segmentasi perilaku adalah pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah lakunya. Melalui segmentasi jenis ini, Anda dapat mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap sebuah bisnis.

Misalnya Anda dapat membagi konsumen berdasarkan perilaku konsumen terhadap peluncuran suatu produk baru. Apakah mereka memiliki perilaku untuk mencoba produk tersebut atau lebih ke menunggu orang lain mencoba dan membaca review terlebih dahulu.

Segmentasi Demografis

Adalah pengelompokan konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya. Misalnya Anda dapat mengelompokkan dan membagi konsumen Anda menjadi wanita yang sudah menikah atau konsumen yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana.

Segmentasi Geografis

Adalah pengelompokan konsumen menurut aspek lokasi seperti tempat tinggalnya. Misalnya saja produk dan strategi pemasaran yang ditujukan untuk konsumen yang tinggal di wilayah perkotaan tentu akan berbeda dengan konsumen yang tinggal di luar perkotaan.

Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis merupakan segmentasi pasar yang berhubungan dengan psikologis konsumen. Target pasar dibagi menjadi kelompok yang berbeda-beda  berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadiannya

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari segmentasi pasar dan juga apa saja jenis – jenis dari segmentasi pasar yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dan usaha.

Leave a Reply