Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Pengertian Etika Bisnis, Fungsi dan Contohnya

Bagi setiap pelaku usaha, baik usaha kecil, menengah hingga perusahaan dan korporasi, memahami pengertian etika bisnis serta menerapkannya merupakan suatu hal yang penting. Dalam menjalankan usaha atau perusahaan, serta dalam pengambilan keputusan, setiap pelaku usaha perlu berlandaskan dan berpedoman pada etika bisnis.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian dari etika bisnis, serta fungsi etika bisnis dan apa saja contoh etika bisnis dalam kegiatan usaha yang berlaku.

Pengertian Etika Bisnis

Sebelum kita melihat apa saja fungsi serta contoh dari pentingnya penerapan etika bisnis dalam dunia bisnis dan usaha, perlu kita pahami terlebih dahulu arti dari etika bisnis.

Etika bisnis dapat diartikan sebagai seperangkat nilai – nilai moral atau norma secara umum mengenai hal – hal yang baik dan buruk dan berfungsi sebagai acuan bagaimana perusahaan bertindak dan juga melandasi atau sebagai dasar pertimbangan bagaimana perusahaan mengambil keputusan.

Etika bisnis juga dapat diartikan sebagai pedoman norma bagi sebuah perusahaan dalam mengambil keputusan.

pengertian etika bisnis

Fungsi Etika Bisnis dalam Perusahaan

Etika bisnis berfungsi sebagai suatu landasan atau acuan atas bagaimana suatu usaha atau perusahaan bertindak dan dalam operasionalnya. Hal ini mencakup operasional perusahaan, pengambilan keputusan hingga bagaimana perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain, dengan karyawan dan juga dengan konsumennya.

Oleh karenanya dapat dikatakan bahwa etika bisnis menjadi hal yang krusial dan perlu diterapkan dalam setiap aspek fungsional perusahaan baik itu operasional, SDM, pemasaran, dan lainnya. Dalam mengerjakan tugas keseharian, karyawan dan manajemen perusahaan haruslah menjadikan etika bisnis sebagai pedoman serta standar untuk berperilaku.

Seberapa Penting Etika Bisnis bagi Suatu Usaha

Menerapkan etika bisnis dalam setiap aspek perusahaan memiliki sejumlah manfaat dan keuntungan bagi perusahaan. Hal yang paling utama adalah dengan adanya etika bisnis, perusahaan dapat bertindak sesuai aturan dan normal yang berlaku serta terhindar dari masalah hukum.

Namun disamping itu, penerapan etika bisnis yang baik dalam satu usaha atau perusahaan juga memiliki sejumlah manfaat seperti:

  1. Penerapan etika bisnis yang baik dapat meningkatkan reputasi suatu usaha dan perusahaan di mata konsumen dan juga karyawan / calon karyawan
  2. Memperlakukan karyawan secara fair dan baik sesuai etika bisnis juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan retensi dan menurunkan angka turnover karyawan
  3. Perusahaan atau usaha yang memperlakukan konsumen dengan etis dapat membangun tingkat kepercayaan dan loyalitas yang baik dengan pelanggan
  4. Suatu perusahaan yang menjungjung moral dan etika bisnis yang baik akan dihargai dan memiliki reputasi yang baik di mata perusahaan lain serta mudah untuk menjalin kerja sama ke depannya
  5. Usaha atau perusahaan dengan etika dan moral conduct yang baik juga secara tidak langsung akan berdampak positif terhadap citra perusahaan dan juga brand yang hendak dibangun

Contoh Etika Bisnis

Penerapan etika bisnis dalam setiap aspek dan fungsi perusahaan menjadi elemen penting yang harus diperhatikan, dan mencakup dalam berbagai aspek baik itu individu dalam hal ini karyawan, maupun perusahaan.

etika bisnis

Adapun contoh penerapan etika bisnis dapat mencakup dari hal – hal yang sederhana antara lain seperti:

  1. Mengingat nama dari lawan bicara, terutama apabila sedang berkomunikasi dengan partner bisnis. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan dapat membangun komunikasi yang positif
  2. Menggunakan pakaian yang rapi saat hendak bertemu dengan client atau saat hendak melakukan rapat
  3. Menggunakan bahasa yang sopan saat berbicara dan berinteraksi, terutama kepada pelanggan
  4. Memperhatikan sikap tubuh saat berbicara dengan orang lain, seperti melakukan kontak mata saat berbicara
  5. Tidak lupa mengucapkan maaf, tolong atau terima kasih

Selain itu contoh etika bisnis yang diterapkan dari sisi perusahaan seperti:

  1. Memperlakukan setiap karyawan sama tanpa adanya diskriminasi
  2. Memberikan reward dan punishment kepada karyawan sebagaimana mestinya
  3. Melakukan tindakan yang sesuai dengan aturan dan etika seperti tidak menggelapkan pajak, tidak memalsukan laporan keuangan
  4. Adanya perlindungan terhadap whistleblower di dalam perusahaan
  5. Adanya transparansi dalam komunikasi baik secara internal terhadap karyawan sendiri maupun secara external terhadap konsumen dan client serta partner.

Demikian pengertian dari etika bisnis, fungsi penerapan etika bisnis dalam setiap aspek dan fungsi perusahaan serta contoh – contoh dari penerapan etika bisnis.

Leave a Reply