Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Pengertian Pemasaran Digital, Fungsi dan Contohnya

Memahami pengertian pemasaran digital berserta fungsi dan contohnya merupakan hal penting bagi setiap pelaku bisnis dan usaha. Hal ini didukung dengan realita di era saat ini, digital marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang banyak digunakan dalam berbagai bidang industri dan usaha.

Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang cepat dan pesat sehingga memudahkan banyak industri dan bisnis untuk menerapkan digital marketing. Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian dari digital marketing serta apa saja fungsi dari digital marketing dan contoh – contoh bentuk pemasaran digital.

Pengertian Pemasaran Digital

Pemasaran Digital atau Digital Marketing dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pemasaran dari barang atau jasa yang memanfaatkan teknologi berupa media digital atau internet. Media digital disini dapat berupa website, email, blog, media sosial.

Secara segi konten, pemasaran digital tidak banyak berbeda dengan pemasaran konvensional yang dulu banyak dilakukan oleh pelaku bisnis dan usaha. Yang membedakan adalah medium atau sarana penyampaian dari pemasaran tersebut yang berbeda dan condong menggunakan berbagai teknologi berbasis digital yang ada.

fungsi digital marketing pengertian pemasaran digital

Tingkat adopsi teknologi dan internet di masyarakat semakin meningkat dan banyak masyarakat yang kini melek internet. Berbagai perangkat pintar seperti smartphone, tablet, hingga laptop menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup saat ini.

Hal ini membuat banyak pelaku bisnis dan usaha menerapkan pemasaran digital karena dianggap lebih efektif dan efisien dalam menjangkau target pasar yang ada.

Fungsi Pemasaran Digital

Pemasaran digital digunakan oleh banyak pelaku bisnis dan usaha karena selain dianggap lebih efisien juga banyak memberikan manfaat bagi perusahaan dan bisnis dibandingkan dengan jenis pemasaran konvensional.

Adapun beberapa manfaat dan fungsi dari pemasaran digital antara lain:

Promosi

Salah satu fungsi utama dari pemasaran digital, sama halnya dengan pemasaran konvensional, adalah untuk tujuan promosi. Pemasaran digital disukai karena perusahaan dan bisnis dapat menjangkau target audiens yang lebih luas dan lebih cepat dibandingkan pemasaran konvensional.

Personalisasi Audiens

Pemasaran digital memungkinkan perusahaan atau pelaku usaha untuk menghimpun data terkait konsumen dan melakukan personalisasi terhadap konsumen tersebut. Misalnya saja suatu bisnis akan menampilkan iklan suatu produk yang dianggap cocok / disukai oleh konsumen A dan menampilkan produk lain bagi konsumen B dalam suatu iklan sesuai dengan data preferensi yang berhasil dihimpun sebelumnya.

Perusahaan mampu membentuk iklan, promosi serta layanan yang sifatnya lebih personal atau lebih intim dan sesuai dengan audiens sehingga hasil dari iklan atau pemasaran digital jauh lebih cocok dan tepat sasaran dibandingkan pemasaran konvensional.

Mempermudah Komunikasi dengan Konsumen

Pemasaran digital dilakukan lewat internet, entah itu dengan sosial media maupun dengan website. Hal ini membuat suatu bisnis dapat dengan mudah terhubung dengan pelanggan kapanpun dan dimanapun.

fungsi digital marketing

Contoh Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau digital marketing dapat berbentuk iklan teks, iklan bergambar, video pendek hingga postingan social media. Adapun dalam penyampaiannya kepada konsumen, perusahaan atau pelaku bisnis dapat menggunakan beberapa contoh digital marketing seperti berikut ini:

  1. Email Marketing
  2. Social Media Marketing
  3. Search Engine Optimization (SEO)
  4. Search Engine Marketing (SEM)
  5. Content Marketing
  6. Video Marketing
  7. Native Advertising
  8. Affiliate Marketing

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian pemasaran digital, fungsi dari pemasaran digital berserta contoh dari pemasaran digital. Dengan menerapkan pemasaran digital, Anda dapat membuat bisnis dan usaha yang Anda miliki lebih dikenal oleh banyak orang serta menjangkau calon pelanggan baru yang potensial dengan efektif dan efisien.

Leave a Reply