X

Pengertian Proyektor Short Throw dan Proyektor Ultra Short Throw

Proyektor Short Throw dan proyektor UST (Ultra Short Throw) merupakan salah satu jenis proyektor yang banyak dijual dan digunakan dalam berbagai keperluan. Sama seperti proyektor pada umumnya, baik proyektor Short Throw maupun Ultra Short Throw sama – sama berfungsi untuk menampilkan gambar dalam ukuran besar.

Namun, secara khusus, baik proyektor short throw maupun proyektor ultra short throw memiliki fungsi khusus yang cocok digunakan untuk kondisi penggunaan tertentu. Dalam artikel ini kita akan mebahas mengenai pengertian Proyektor Short Throw dan Proyektor Ultra Short Throw dan apa saja kelebihan dari masing – masing proyektor.

Apa itu Proyektor

Proyektor dapat didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau video serta suara dari sumber atau perangkat elektronik yang terhubung, misalnya komputer atau laptop serta USB.

Proyeksi dari proyektor umumnya berupa gambar visual yang diperbesar dengan ukuran mencapai lebih dari 70 inch dan biasanya diproyeksikan ke layar khusus proyektor ataupun ke dinding. Penggunaan proyektor disukai karena mudah untuk menghasilkan visual besar dan jauh lebih ekonomis dari segi biaya dibandingkan menggunakan monitor atau televisi berukuran besar.

Fungsi Pemakaian Proyektor

Proyektor sebagai alat untuk menghasilkan atau memproyeksikan gambar ke ukuran besar, banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu contoh pemakaian proyektor misalnya untuk home theater, penggunaan di bioskop dan auditorium, ruang kelas di sekolah hingga di ruang meeting pada kantor dan berbagai bisnis.

Proyektor yang umum digunakan adalah proyektor tipe long throw. Namun pada beberapa situasi tertentu dan juga pada ruang meeting serta ruang kelas, proyektor jenis short throw dan ultra short throw juga sering dan banyak digunakan.

Pengertian Proyektor Short Throw dan Ultra Short Throw

Sebelum membahas mengenai Proyektor Short Throw dan Ultra Short Throw, ada baiknya kita memahami dulu apa itu Throw Ratio pada proyektor. Throw Ratio atau Throw Distance adalah jarak antara proyektor dan layar yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan gambar dalam ukuran besar dan dengan kualitas yang tajam serta jelas.

Pada proyektor long throw atau proyektor normal, proyektor perlu diletakkan pada jarak tertentu dari dinding atau layar untuk dapat menghasilkan ukuran gambar yang sesuai dengan ukuran layar. Misalnya saja throw ratio proyektor adalah 1,5:1 sedangkan Anda memiliki layar ukuran 100 inch.

Untuk dapat menghasilkan gambar ukuran 100 inch maka proyektor perlu diletakkan pada jarak:

1,5 x 100 = 150 inch atau kurang lebih 3,8 meter dari layar.

Sedangkan pada proyektor jenis short throw, ukuran throw ratio lebih kecil sehingga Anda dapat menghasilkan gambar 100 inch pada jarak yang lebih dekat, misalnya hanya 1 – 1,5 meter saja.

Proyektor Ultra Short Throw memiliki throw ratio yang paling kecil dibanding proyektor normal / long throw dan proyektor short throw. Pada proyektor Ultra Short Throw Anda dapat meletakkan proyektor pada jarak yang cukup dekat dengan layar atau dinding, misalnya pada jarak 0,3 – 0,5 meter saja untuk menghasilkan ukuran gambar yang sama dengan proyektor long throw atau short throw.

Kapan Memakai Proyektor Short Throw dan Ultra Short Throw

Proyektor tipe normal atau long throw dapat digunakan untuk ruangan yang cukup besar sehingga proyektor dapat ditempatkan pada jarak yang cukup dari layar. Misalnya saja untuk kebutuhan ruang konferensi, auditorium hingga ruang kelas yang besar.

Sedangkan proyektor jenis short throw cocok digunakan untuk ruangan yang lebih kecil dan terbatas jarak antara proyektor dengan layar. Misalnya saja pada ruang kerja atau ruang kantor, ruang meeting kecil, ruang pameran.

Sedangkan proyektor jenis ultra short throw lebih sering digunakan untuk kebutuhan ruang kelas interaktif dan biasanya digunakan bersamaan dengan atau sudah menyatu dengan papan tulis interaktif.

Categories: Info Bisnis
Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post