X

15 Daftar Perangkat yang Mendukung WiFi 7

Pada Januari 2024, WiFi Alliance memperkenalkan WiFi generasi ke-7 sebagai penerus dari WiFi 6 dan 6E. WiFi standar IEEE 802.11be membawa peningkatan kecepatan hingga 4.8 kali lipat, sinyal bebas interferensi, dan latensi lebih rendah. Selain memperkenalkan fitur terbarunya, WiFi Alliance juga mulai merilis daftar perangkat yang mendukung WiFi 7, mulai dari: prosesor/chipset, laptop, router, smartphone, hingga perangkat IoT.

Meskipun teknologinya sudah ada, namun tidak semua perangkat yang ada saat ini otomatis mendukung WiFi 7. Hanya perangkat yang sudah tersertifikasi saja yang bisa memanfaatkannya. Perangkat yang sudah mendukung WiFi 7 juga tetap bisa mengggunakan WiFi 6E, 6, dan 5. Lalu, bagi perangkat yang tidak tersertifikasi, tetap bisa menggunakan WiFi generasi sebelumnya.

Daftar Perangkat yang Mendukung WiFi 7

Apa saja perangkat yang bisa menggunakan WiFi 7? Berikut ini daftarnya.

Smartphone Android dan iPhone

Menurut daftar perangkat yang mendukung WiFi 7 dari WiFi Alliance, smartphone yang menggunakan adaptor jaringan FastConnect 7800 ke atas dari Snapdragon sudah bisa mencicipi teknologi WiFi generasi ke-7. Saat artikel ini ditulis, baru Snapdragon 8 Gen 3 saja yang sudah menggunakan adaptor WiFi terbaru.

Apakah semua smartphone terbaru dengan Snapdragon 8 Gen 3 bisa menggunakan WiFi 7? Jawabannya tidak. Beberapa produsen hp mungkin menonaktifkan dukungan WiFi 7 melalui firmware. Contohnya Samsung Galaxy S24 Series.

Seri S24 dan S24+ yang dijual di luar Amerika Serikat menggunakan Exynos 2400 yang tidak mendukung WiFi 7. Sedangkan, untuk pasar Amerika Serikat menggunakan Snapdragon 8 Gen 3. Jadi, untuk mempertahankan keseragaman fitur antara pasar di AS dan luar AS, mau tidak mau Samsung menonaktifkan WiFi 7 di S24 dan S24+ di pasar AS.

Pesaing utama Snapdragon di pasar chipset smartphone, yaitu MediaTek juga memiliki produk yang sudah tersertifikasi WiFi 7, yaitu MediaTek Dimensity seri 9200 dan 9300. Selain Snapdragon dan MediaTek, chip Tensor G3 atau yang terbaru untuk Google Pixel juga sudah mendukung WiFi 7. Untuk perangkat iOS, Chip Apple A18 terbaru untuk iPhone 16 juga sudah mendukung WiFi 7.

Berikut daftar lengkap Hp Android dan iOS yang mendukung WiFi 7:

  1. Samsung Galaxy S24 Ultra
  2. iPhone 16 Pro Max
  3. iPhone 16 Pro
  4. OPPO Find N3
  5. OPPO Find N3 Flip
  6. vivo X Fold3 Pro
  7. vivo X100 Pro
  8. vivo X100
  9. nubia Z60 Ultra
  10. nubia Z60 Ultra Leading Version
  11. ASUS ROG Phone 8 Pro
  12. ASUS ROG Phone 8
  13. Google Pixel 9 Pro Fold
  14. Google Pixel 9 Pro
  15. Google Pixel 9.

Laptop Konsumen dan Gaming

Laptop keluaran terbaru 2024 dengan adaptor WiFi Intel BE200, BE201, dan BE202 sudah dapat mendapatkan sertifikasi WiFi 7. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai hingga 5.8 Gbps pada band 6 GHz untuk seri BE201 dan BE200. Sedangkan, seri BE202 hanya mencapai 2.4 Gbps dan belum mendukung modulasi 4K-QAM.

Selain Intel, prosesor Qualcomm untuk laptop juga sudah tersertifikasi WiFi 7. Prosesor seri Snapdragon X Elite menggunakan adaptor FastConnect 7800 terbaru. Prosesornya juga sudah didukung modulasi 4K QAM untuk kecepatan transmisi lebih tinggi dan throuhput lebih besar. Tidak ketinggalan fitur terbaru WiFi generasi ke-7 juga dihadirkan yaitu Multi-Link Operation untuk koneksi lebih stabil.

Berikut ini daftar laptop terbaru yang mendukung WiFi 7:

  1. ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)
  2. ASUS ROG Zephyrus G16 2024 GA605
  3. Acer Swift Go 14 AI (OLED)
  4. Dell XPS 13 9345 (Snapdragon)
  5. Dell XPS 16 9640 (Intel)
  6. MSI Titan 18 HZ A14V
  7. Razer Blade 16.

Router dan Mesh WiFi 7

Router adalah perangkat yang penting jika Anda ingin merasakan manfaat WiFi 7 seutuhnya. Baik router dan perangkat harus sama-sama mendukung WiFi generasi ke-7 untuk mendapatkan kecepatan paling tinggi di band 6 GHz dan pita 320 MHz. Saat artikel ini ditulis, harga router WiFi 7 masih cukup mahal dan stoknya belum tersedia banyak. Namun, seiring berjalannya waktu kondisi tersebut akan berbalik 180 derajat.

Tanpa router WiFi 7, perangkat Anda yang sudah mendukung WiFi 7 tidak akan berguna. Kecepatan WiFi hanya akan terkunci di kisaran kecepatan WiFi 6. Jika Anda sedang mencari router yang sudah support WiFi generasi 7, berikut ini daftar terbarunya:

  1. Netgear Orbi 970 Series Quad Band WiFi 7 Mesh
  2. Netgear Orbi 770 Series Tri Band WiFi 7 Mesh
  3. TP-Link Archer Tri Band BE800
  4. TP-Link Archer Quad Band BE900
  5. TP-Link Archer GE800 Gaming Router Tri Band
  6. TP-Link Archer BE3600 Dual Band WiFi 7 Router
  7. TP-Link Deco BE85 Tri Band Whole Mesh WiFi 7
  8. ASUS RT-BE58U Smart Home WiFi 7 Router
  9. ASUS RT-BE92U Tri Band WiFi 7 Router
  10. ASUS ROG Rapture GT-BE98 Pro Quad Band
  11. ASUS ROG Rapture GT-BE98 Quad Band
  12. ASUS RT-BE88U Dual Band WiFi 7 AiMesh
  13. D-Link DAP E9560 Tri Band Router
  14. D-Link DAP E19000 Tri Band 19 Gbps
  15. D-Link DAP E9560OU WiFi 7 Outdoor Router.

Mengenal WiFi 7 dan Kelebihannya

WiFi 7 adalah generasi WiFi terbaru yang diperkenalkan pertama kali pada Januari 2024. Dengan standar IEEE 802.11be, WiFi generasi ke-7 membawa peningkatan kecepatan, latensi lebih rendah, dan kestabilan sinyal di lingkungan yang lebih baik dari WiFi 6 dan 6E. Protokol WiFi terbaru ini bekerja pada band 2.4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz. Meskipun terbaru, perangkat yang mendukung WiFi 7 tetap kompatibel dengan WiFi generasi sebelumnya.

WiFi 7 memanfaatkan saluran atau bandwidth 320 MHz yang dua kali lebih besar dibanding WiFi 6E dan 6 (160 MHz). WiFi 7 juga membawa fitur baru bernama Multi-Link Operation. Berbeda dari WiFi generasi sebelumnya di mana satu perangkat hanya bisa terhubung ke satu band, kini perangkat Anda bisa terhubung dengan banyak band sekaligus. Hasilnya, koneksi lebih cepat, stabil, latensi rendah, dan aman dari interferensi sinyal. Baca selengkapnya tentang WiFi 7.

Kenapa Saya Butuh WiFi 7 ?

WiFi 7 dirancang untuk Anda yang membutuhkan bandwidth besar untuk streaming 8K atau menghubungkan ratusan perangkat bersamaan. Kecepatan yang tinggi dan latensi rendah juga dibutuhkan oleh perangkat IoT (Internet of Things) supaya bisa lebih cepat dalam merespon perintah. Manfaat WiFi generasi 7 lainnya adalah untuk digunakan di lingkungan padat dan banyak interferensi sinyal, seperti: bandara, stadion, apartemen, dan perkantoran.

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Memanfaatkan WiFi 7

Untuk memanfaatkan semua kelebihan dari WiFi generasi ke-7, Anda memerlukan router, laptop, dan smartphone kompatibel dengan WiFi 7. Untuk mengetahuinya, Anda bisa cari tahu dari spesifikasi produk yang dibeli, biasanya ditulis dalam keterangan Network atau Jaringan WiFi yang didukung. Beberapa produsen kadang ada yang tidak mencantumkan “WiFi 7” pada spesifikasi produk dan menggantinya dengan istilah “802.11be” atau “Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax/be.”

Laptop dan Smartphone kompatibel dengan WiFi 7 tanpa router WiFi 7 hanya dapat mengakses kecepatan WiFi 6 atau 5 saja, tergantung dukungan spesifikasi jaringan tertinggi di router. Begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, Anda perlu jeli dalam membeli produk router, laptop, atau hp Android dan iPhone.

Bisakah WiFi 7 Menggantikan Ethernet?

Tentu saja bisa. Kecepatan hingga 46 Gbps memungkinkan setiap perangkat terhubung ke jaringan nirkabel. Apalagi dengan latensi lebih rendah, komunikasi antar perangkat lebih real-time sehingga bisa merespon perintah lebih cepat. Seiring berkembangnya teknologi, WiFi 7 dapat mengurangi kebutuhan kabel fisik. Bagaimana jika saya masih butuh koneksi kabel? Tenang saja, router WiFi 7 terbaru masih tetap dilengkapi port Ethernet.

Kesimpulan

Daftar perangkat yang mendukung WiFi 7 akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Di atas adalah beberapa produk terbaru di tahun 2024 yang kompetibel dengan WiFi generasi terbaru. Perlu diingat, router memegang peran paling penting di sini. Tanpa router yang kompatibel, Anda tidak merasakan manfaat sepenuhnya dari WiFi 7 di laptop atau smartphone.

Supaya bisa terhubung ke jaringan WiFi generasi terbaru, laptop dan smartphone harus memiliki adaptor yang tersertifikasi WiFi 7 oleh WiFi Alliance. Untuk smartphone, membutuhkan chipset Snapdragon dengan adaptor FastConnect seri 7800 atau yang terbaru. Untuk chipset MediaTek baru seri 9200 ke atas yang sudah mendukung WiFi 7. Sedangkan, iPhone membutuhkan chip A18 terbaru.

Berbeda dengan laptop yang membutuhkan adaptor Intel BE200 atau BE201 yang sudah bersertifikat WiFi 7. Baik laptop Intel dan AMD sama-sama membutuhkan adaptor tersebut agar bisa komptibel dengan band 6 GHz dan kecepatan lebih tinggi dari WiFi generasi terbaru. Ketika router dan perangkat sudah sama-sama kompatibel, Anda bisa rasakan kecepatan lebih tinggi dan koneksi lebih stabil dari fitur Multi-Link Operation (MLO).

Bhinneka: Bhinneka merupakan pionir B2B e-commerce di Indonesia yang melayani UKM, korporasi dan instansi pemerintah. Selama lebih dari 30 tahun Bhinneka melayani pengadaan barang dan jasa, seperti: gadget, PC/laptop, peralatan networking, produk MRO, elektronik kantor, furnitur, produk digital printing, software, servis, hingga jasa instalasi. Bhinneka bekerjasama dengan LKPP untuk layani pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution. Sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka aktif memberikan solusi produk dan jasa terbaik untuk semua segmen konsumen bisnis melalui blog.
Related Post