Review Harga dan Spek Samsung A35 5G
Review Produk Smartphone & Tablet

Review Samsung Galaxy A35 5G: Kamera Oke, Desain Elegan

Samsung Galaxy A35 5G adalah salah satu hp Samsung terbaru yang diluncurkan pada Maret 2024. Sebagai penerus dari seri A34, hp ini membawa banyak peningkatan mulai dari: desain, performa, dan kamera. Banyak fitur penting di ponsel Samsung kelas atas bisa Anda cicipi dengan harga lebih murah. Berbagai kelebihan ini yang membuatnya layak dipertimbangkan oleh pengguna kelas menengah.

Review Harga dan Spek Samsung A35 5G

Menurut kami, hp Samsung A35 5G sangat cocok untuk Anda yang ingin membeli hp canggih dengan harga yang lebih terjangkau. Sistem kamera yang solid jadi daya tarik utama hp ini. Baik kamera depan dan belakang sama-sama bisa diandalkan untuk hasilkan karya fotografi. Anda juga bisa maksimalkan kameranya untuk live streaming atau dokumentasi harian yang bagus untuk diposting.

Jika Anda masih ragu dengan hp ini, kami jelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A35 5G. Semoga bisa membantu Anda untuk memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

Harga Samsung Galaxy A35 5G Terbaru

Samsung Galaxy A35 5G tersedia dalam 3 varian warna, yaitu: Lilac, Navy, dan Iceblue. Hp ini bisa Anda beli di toko offline atau online dengan harga Rp 4.999.000 untuk varian memori RAM 8GB dan ROM 256 GB. Untuk varian ROM 128 GB dijual dengan harga lebih murah, yakni Rp 4.699.000. Akan tetapi, ketersediaan ROM 128 GB sudah sulit ditemukan di pasaran.

Dengan rentang harga seperti ini, Samsung A35 memiliki banyak pesaing berat seperti: OPPO Reno8, vivo V30e, dan realme 12+. Untuk menilai seberapa bagus keunggulan yang ditawarkan Samsung dibanding kompetitor, mari kita lihat dulu spesifikasi hp ini sebelum melihat fiturnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A35 5G

Berikut ini spesifikasi lengkap hp Samsung Galaxy A35 5G:

Sistem Operasi Android 14
Chipset Exynos 1380 (5nm)
CPU Octa Core, 4x 2.4 GHz Cortex A78 + 4x 2.0 GHz Cortex A55
GPU Mali-G68 MP5
RAM 8GB
ROM 128 GB/256 GB
Memori Eksternal MicroSD hingga 1 TB
Baterai 5000 mAh
Layar Super AMOLED, 6.6 inci, Full HD+ 2340 x 1080 piksel, 120 Hz Refresh Rate
Kamera Depan 13MP F2.2
Kamera Belakang 50MP F1.8 Main + 8MP F2.2 Ultrawide + 5MP F2.4 Macro
Video up to 4K UHD (3840 x 2160 piksel) @30fps
WiFi WiFi 802.11a/b/g/n/ac/ax Dual Band 2.4GHz+5GHz
Bluetooth Bluetooth 5.3
GPS GPS, Glonass, Beidou, Galileo, QZSS
NFC Yes
Port Daya USB Type C support Fast Charging 25W
Dimensi 161.7 x 78 x 8.2 mm
Berat 209 gram

*Catatan: Spesifikasi mungkin berbeda di setiap negara.

Desain dan Ukuran

Hp Samsung A35 memiliki desain bodi yang mirip seperti seri Galaxy A lainnya dan Galaxy S24. Sama seperti kebiasaan Samsung beberapa tahun ke belakang yang membuat desain serupa untuk semua produk terbarunya. Ini memudahkan konsumen untuk mengenali ciri khas hp Samsung terbaru meski dari jauh.

Bodinya memiliki dimensi 161.7 x 78 x 8.2 mm dengan berat 209 gram. Ukurannya mirip dengan Samsung A55, hanya saja sedikit lebih ringan. Berbeda dari seri A34, kini panel bodi depan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus+. Ini membuatnya lebih mengkilat sekaligus lebih aman dari goresan.

Desain bodi Samsung Galaxy A35 5G warna Iceblue

Frame hp terbuat dari bahan plastik dengan lapisan matte. Tombol volume dan power ada di sisi kanan atas. Beralih ke belakang, Anda akan menemukan tiga buah kamera berjejer vertikal di sudut kiri atas. Ukuran kamera dibuat seragam sehingga terlihat lebih minimalis.

Di bagian atas hp terdapat lubang mikrofon dan SIM/Micro SD tray di sampingnya. Di bagian bawah Anda bisa menemukan lubang port charger USB Type C, lubang mikrofon, dan speaker. Tidak ada Jack Audio 3.5 mm, sehingga Anda perlu membeli konverter Type C atau gunakan saja headset Bluetooth.

Jenis Layar dan Resolusinya

Samsung Galaxy A35 5G menggunakan panel layar jenis Super AMOLED dengan luas 6.6 inci. Resolusi Full HD+ 2340 x 1080 piksel sudah ideal untuk hp dengan harga 4 jutaan. Tingkat kecerahan layar mencapai maksimum 1000 nits, yang mana cukup nyaman untuk digunakan di bawah sinar matahari.

Samsung A35 memiliki layar Super AMOLED

Layar hp ini sudah mendukung Refresh Rate 120Hz sehingga saat scroll atau browsing terlihat 2x lebih mulus dibanding layar hp biasa. Tersedia dua opsi untuk sesuaikan kecepatan refresh layar, yaitu Adaptive dan Standard. Mode Adaptive dapat menyesuaikan Refresh Rate secara otomatis dengan kebutuhan. Sedangkan, mode Standar mengunci Refresh Rate di 60Hz untuk memperpanjang masa aktif baterai.

Performa dan Skor AnTuTu

Samsung A35 bekerja dengan One UI berbasis Android 14 terbaru. Versi One UI yang digunakan sama dengan seri Galaxy S24 yang dikeluarkan tahun 2024. Meski menggunakan versi One UI yang sama, namun fitur Galaxy AI tidak tersedia di hp ini. Untuk kenyamanan pemakaian dalam jangka panjang, Samsung menjanjikan pembaruan OS hingga 4 generasi dan keamanan hingga 5 tahun.

Samsung menawarkan update OS dan keamanan hingga 5 tahun

Chipset Exynos 1380 di Samsung A35 merupakan ‘warisan’ dari Samsung A54 yang diluncurkan tahun 2023. Exynos 1380 sudah mendukung konektivitas 5G, Bluetooth 5.3, dan WiFi 6 Dual Band. Dari segi performa, chipset ini tergolong masih cukup powerful. CPU Octa Core ini terdiri dari 4 buah core Cortex A78 dan 4 buah core A55 dengan kecepatan clock maksimal hingga 2.4 GHz.

Saat dites dengan AnTuTu v10 hp ini berhasil mencetak skor sebesar 570.800. Kinerjanya setara dengan Samsung A54 5G karena menggunakan chipset yang sama. Kapasitas RAM dan ROM besar turut berkontribusi membuat kinerja multitasking lebih lancar. Exynos 1380 menawarkan performa setara dengan MediaTek Dimensity 1080 dan Snapdragon 7s Gen 2.

Spesifikasi dan Kualitas Kamera

Samsung A35 kini hadir dengan kamera utama yang lebih besar dibanding seri A34. Resolusi kamera utama kini 50MP, lebih besar dari sebelumnya yang sebesar 48MP. Selain dari itu, semua konfigurasi kameranya sama, yakni kamera Ultrawide 8MP dengan bukaan F2.2, kamera Macro, dan kamera depan 13MP. Ketiga kameranya berjejer rapi di bodi belakang secara vertikal.

Spesifikasi kamera depan dan belakang Samsung A35

Baik kamera depan dan belakang sama-sama menggunakan sensor Samsung. Untuk meningkatkan kualitas foto, Samsung menyediakan mode Pro yang hanya bisa diakses dengan kamera utama. Sedangkan, untuk mode malam bisa digunakan bersama kamera utama, ultrawide, dan kamera depan. Yang menarik dari hp ini adalah kamera depan dan belakangnya bisa merekam video 4K UHD @30fps.

Mode malam yang bisa digunakan di semua jenis kamera memudahkan Anda mengambil foto jelas dan warna lembut di malam hari. Hasil rekaman hingga 4K 30fps menjadikannya salah satu pilihan terbaik hp dengan kamera depan terbaik. Fitur ini sangat membantu para pegiat media sosial atau live streamer untuk mendokumentasikan kegiatan sehari-harinya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy A35 5G

  • Bodi elegan dengan kaca Corning Gorilla Glass Victus+
  • Layar Super AMOLED sudah mendukung Refresh Rate 120Hz
  • Performa multitasking lebih baik dibanding pendahulunya
  • Kapasitas ROM besar bisa ditambah MicroSD hingga 1 TB
  • Kualitas kamera dan video terbaik bisa rekam 4K @30fps
  • Sudah mendukung koneksi 5G, Bluetooth 5.3, dan NFC.

Kekurangan Samsung Galaxy A35 5G

  • Tidak tersedia fitur Galaxy AI
  • Tidak memiliki jack audio 3.5 mm
  • Tidak ada dukungan HDR.

Kesimpulan

Dengan harga 4 jutaan, Samsung Galaxy A35 5G jadi salah satu rekomendasi terbaik kami untuk Anda yang sedang mencari hp dengan kamera depan yang bagus. Resolusi kamera depan 13MP mampu merekam video hingga 4K UHD @30fps. Sangat cocok untuk membantu Anda dokumentasi kegiatan sehari-hari atau live streaming produk di berbagai platform e-Commerce.

Kinerja hp untuk menjalankan aplikasi secara multitasking lebih baik dibanding seri sebelumnya. Chipset Exynos yang diturunkan dari seri A54 5G ditambah lagi RAM besar memudahkan Anda mengoperasikan banyak aplikasi berat secara bersamaan. Fabrikasi 5nm membuat konsumsi chipset lebih efisien sehingga bisa memperpanjang masa pakai baterai.

Meskipun cukup bagus, hp ini tetap memiliki kekurangan. Chipset Exynos yang sudah mendukung AI tidak bisa berfungsi maksimal karena tidak adanya ketersediaan fitur Galaxy AI di hp ini. Hp ini juga tidak punya port Jack Audio 3.5 mm sehingga Anda perlu konverter USB Type C atau gunakan headset Bluetooth.

Jadi, apa pendapat Anda mengenai hp Samsung A35? Jika Anda suka hp dengan kamera yang bagus, hp ini bisa jadi salah satu opsi yang terbaik. Performa juga bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi berat. Daya tahan baterai cukup lama dan ada dukungan Fast Charging 25W agar tak perlu menunggu lama untuk melanjutkan aktivitas. Ingin membeli hp ini? Cek promo hp Samsung terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply