X

Samsung Siapkan RAM 8GB LPDDR5 untuk Smartphone 5G

Saat ini perkembangan SoC (System on Chip) yang digunakan di smartphone dan tablet semakin berkembang dengan pesatnya dari waktu ke waktu. Awal hanya menggunakan komponen dasar seperti CPU, GPU dan DSP, saat ini beberapa SoC memiliki komponen Neural Processing Processor atau disebut sebagai AI terintregrasi ditambah lagi akan hadirnya 5G yangmembutuhkan spesifikasi DRAM kecepatan tinggi.

Teknologi 5G saat ini sudah siap digunakan dan Samsung menghadirkan memory DRAM 8GB LPDDR5 terbaru yang ditujukan untuk smartphone 5G kelas atas yang juga mempunyai teknologi AI. DRAM LPDDR5 dari Samsung menggunakan fabrikasi 10nm yang sama digunakan untuk DRAM GDDR6 yang telah digunakan sejak Desember 2017.

DRAM LPDDR5 akan hadir dalam 2 pilihan versi bandwidth, 6.400 Mb/s @1.1V dan 5.500 Mb/s @1.05v. Kecepatan bandwidth dari kedua versi LPDDR5 lebih kencang 1.5x dibandingkan kecepatan DRAM LPDDR4X yang ada saat ini yakni 4.266 Mb/s. Samsung juga mengklaim, DRAM LPDDR5 mampu memberikan transfer data hingga 51.2 GB atau setara dengan 14 video Full-HD per-detik. Samsung DRAM LPDDR5 nantinya akan diproduksi pada pabrik Pyeongtaek, Korea Selatan dan akan siap digunakan di tahun 2019 mendatang.

Categories: Bhinneka News
Tags: Samsung
Bhinneka: Bhinneka merupakan pionir B2B e-commerce di Indonesia yang melayani UKM, korporasi dan instansi pemerintah. Selama lebih dari 30 tahun Bhinneka melayani pengadaan barang dan jasa, seperti: gadget, PC/laptop, peralatan networking, produk MRO, elektronik kantor, furnitur, produk digital printing, software, servis, hingga jasa instalasi. Bhinneka bekerjasama dengan LKPP untuk layani pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution. Sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka aktif memberikan solusi produk dan jasa terbaik untuk semua segmen konsumen bisnis melalui blog.
Related Post