Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Suku Cadang Printer Untuk Bisnis Percetakan

Tidak bisa dipungkiri jika printer menjadi salah satu perangkat yang sangat penting saat ini. Mulai dari perusahaan, lembaga-lembaga pemerintahan, hingga usaha percetakan menggunakan printer untuk mencetak dokumen. Tentu saja karena penggunaannya cukup masif beberapa perangkat dari printer bisa mengalami kerusakan. Untuk itulah penting mengetahui Suku Cadang Printer.

Suku Cadang Printer

Beberapa Suku Cadang Printer

Printer merupakan perangkat yang penggunaannya harus merawat secara maksimal. Jika tidak, terdapat beberapa komponen yang bisa mengalami kerusakan. Untuk merawatnya tentu Anda harus tahu apa saja komponennya. Berikut adalah Beberapa Suku Cadang Printer.

1. Nozzle

Nozzle merupakan perangkat berupa lubang lubang kecil di area print head. Fungsi dari perangkat ini adalah menyemprotkan tinta ke kertas. Jumlah dan settingan nozzle pada dasarnya berbeda beda setiap jenis printernya.

2. Tray

Tray merupakan sebuah tempat untuk menaruh kertas sebelum dicetak. Kapasitas dan ukuran tray bervariasi menyesuaikan model dari printer itu sendiri. Komponen ini sangat penting untuk membuat suku cadang printer tetap dalam kondisi terbaik.

3. Ink Tank

Sesuai dengan namanya ink tank merupakan komponen berupa tangki untuk menyimpan tinta pada model jenis printer Ink. Tangki tinta ini memainkan peran penting untuk menyimpan tinta yang nantinya digunakan untuk mencetak berbagai dokumen.

4. Print Head

Print head merupakan komponen yang akan menerapkan tinta pada tangki ke kertas. Komponen ini akan bergerak bolak balik saat menempelkan tinta ke kertas melalui komponen Nozzle. Caranya dengan menyemprotkan tinta tersebut ke kertas.

5. Stepper Motor dan Sensor Kertas

Stepper motor merupakan komponen pada printer yang ada di print head. Tugas utamanya adalah memastikan cetakan akurat. Sementara Sensor Kertas biasanya ada di Tray printer. Suku cadang ini penting untuk membuat kertas tetap dalam posisi rapi sebelum dicetak oleh mesin.

6. Roller Pemindai, Paper Advance, dan heated Rollers Kertas

Roller pemindai merupakan perangkat yang juga penting untuk memindai kertas sebelum melakukan proses pencetakan. Selain itu terdapat juga Paper Advance Rollers yang dapat menggerakan kertas dari Tray input ke Output Tray serta menjaga konsistensi pencetakan.

Pada komponen ini terdapat juga Heated Rollers yang dapat mengeringkan tinta pada kertas setelah tertempel tinta sehingga tidak berantakan tintanya. Keberadaannya sangat penting untuk memastikan kondisi cetakan dalam keadaan terbaik.

7. Koneksi Jaringan

Printer Ink tank khususnya yang keluaran terbaru biasanya sudah menyediakan kelengkapan konektivitas jaringan. Konektivitas ini terdiri dari Wi-Fi Ethernet dan lain sebagainya. Keberadaannya sangat penting untuk membuat printer dapat bekerja secara nirkabel jadi tidak perlu menggunakan kabel lagi.

8. Cartridge

Cartridge merupakan komponen utama dari sebuah printer yang bertugas untuk menyimpan tinta dan mengisinya kembali. Suku cadang dari catridge menjadi yang paling sering orang lain ganti karena memang tugasnya sangat berat. Memperhatikan kondisi cartridge adalah tugas penting bagi pengguna printer.

Suku Cadang Printer Laser

Selain printer Ink di era modern ini ada juga printer dengan jenis laser. Perangkat atau suku cadang dari printer laser tentu saja sedikit berbeda dari printer Ink. Berikut adalah beberapa suku cadang dari printer laser yang harus pengguna ketahui.

1. Komponen Laser dan Imaging Unit

Pertama tama ada komponen laser dan imaging unit pada model printer ini. Printer laser menggunakan komponen laser beam untuk menciptakan laser gun. Fungsinya adalah menerima data cetak dari control sistem dan membuat pola pada drum dengan tenaga statis sehingga bisa mencetak sesuai dengan tampilan yang ada di layar.

Sementara Imaging Unit merupakan sebuah komponen yang menerima laser beam tadi. Fungsinya adalah mentransfer data laser tersebut ke kertas. Berkat kerja sama kedua perangkat ini maka terciptalah sebuah komponen cetakan.

2. Komponen OPC Drum Unit dan Toner

Laser beam yang diarahkan tadi akan menuju ke suku cadang bernama OPC Drum Unit. Drum ini memiliki fungsi untuk menangkap data gambar dari laser beam. Perangkat ini terbuat dari logam dengan lapisan material Fotokonduktif.

Perangkat yang paling penting pada printer tentu saja adalah tonner. Fungsi dari Toner sendiri adalah seperti tangki ink untuk menyimpan sebuah bubuk tinta yang nantinya akan ditempelkan ke kertas. Dengan kata lain Toner berfungsi seperti Catridge pada printer ink.

3. Komponen Fuser Unit, Doctor, dan Wiper Blade

Komponen selanjutnya yang ada pada printer laser antara lain adalah fuser unit. Penerapan perangkat ini digunakan di roller kertas saat menerima cetakan. Fuser sendiri berfungsi untuk melelehkan toner pada kertas sehingga tercetak dengan baik.

Doctor dan wiper blade merupakan perangkat yang terbuat dari stainless steel dan karet. Komponen ini berada di atas developer roller dan bertugas untuk meratakan jumlah toner. Sementara wiper akan menghubungkan perangkat ini ke belakang OPC sebagai alat pembersih residu toner.

4. Suku Cadang Lainnya untuk Printer Laser

Selain beberapa perangkat penting pada printer laser di atas, ada lagi beberapa suku cadang lainnya sebagai berikut.

  • Waste Toner Bin
  • Electronic Chip
  • Transfer Belt atau Rollers
  • Feed Rollers
  • Control Panel
  • Paper Tray
  • Optical Scanner

Butuh Pengadaan Suku Cadang Printer? Hubungi Bhinneka

Anda butuh pengadaan Suku Cadang Printer untuk kantor atau bisnis Anda? Bhinneka melayani berbagai macam alat kerja melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman Suku Cadang Mesin Cetak dengan click banner di bawah ini

Suku Cadang Mesin Digital Printing

Atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply