Fitur iOS 18 Terbaru Apple Intelligence
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Apa yang Baru di Update iOS 18 ?

Update iOS 18 secara resmi diumumkan pada 10 Juni 2024 pada acara WWDC (Apple Worldwide Developers Conference). Sistem operasi terbaru ini menawarkan banyak update, bahkan termasuk update iOS yang paling banyak. Yang paling menarik dari berita update iOS ini adalah hadirnya Apple Intelligence yang membuat Siri semakin pintar untuk mengenali perintah suara dan mengerjakan pekerjaan rumit.

Selain Apple Intelligence, pembaruan iOS 18 terbaru juga membawa fitur baru seperti mengatur widget dan ikon di layar, mulai dari ukuran, warna, hingga posisinya. Control Center didesain ulang agar lebih mudah diakses. Control Gallery memuat lebih banyak fungsi untuk diaktifkan. Aplikasi galeri foto didesain ulang untuk mendapat tampilan baru yang lebih segar. Apakah update iOS terbaru ini bisa dicicipi semua perangkat iPhone ? Berikut ini daftarnya.

Daftar Perangkat iPhone yang Mendapat iOS 18

Tercatat ada 23 model iPhone yang akan mendapatkan pembaruan iOS 18. Beberapa tipe iPhone mulai dari yang paling murah hingga terbaru akan mendapatkan update ini secara berkala:

  • iPhone 15 Pro Max
  • iPhone 15 Pro
  • iPhone 15 Plus
  • iPhone 15
  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11
  • iPhone Xs Max
  • iPhone Xs
  • iPhone XR
  • iPhone SE 2nd Generation, atau yang terbaru.

Walaupun hampir semua tipe iPhone yang lama hingga terbaru akan mendapat pembaruan iOS 18, akan tetapi hanya iPhone 15 Pro dan Pro Max atau yang terbaru saja dapat mencicipi fitur Apple Intelligence. Penyebabnya karena untuk menjalankan fitur ini membutuhkan Chip A17 Pro atau yang terbaru. Sedangkan, untuk perangkat MacBook membutuhkan chip M1 atau yang terbaru.

Fitur Baru di Update iOS 18 dan Kelebihannya

1. Apple Intelligence: Membuat iPhone Semakin Pintar

iOS 18 dengan kecerdasan buatan Apple Intelligence bisa dicicipi pada iPhone 15 Pro dan Pro Max. Fitur AI generatif ini bisa diintegrasikan ke banyak aplikasi bawaan Apple. Teknologi AI ini membuat Siri semakin pintar agar bisa melakukan berbagai pekerjaan, mulai dari mengirim email hingga membalas pesan dengan perintah suara. Meski tidak resmi diumumkan, namun kabarnya Apple menggunakan LLM OpenAI untuk mengintegrasikan kecerdasan ChatGPT ke iOS 18.

Fitur iOS 18 Terbaru Apple Intelligence

Apple Intelligence dengan kecerdasan buatan OpenAI memungkinkan Anda bisa merangkum satu dokumen atau artikel panjang. Hal ini memudahkan pengguna untuk mempelajari banyak dokumen dan mendapatkan informasi lebih cepat. Apple Intelligence juga dapat membuat gambar unik, emoji, dan mengingat kembali momen yang sudah terlewatkan dengan mudah. Siri semakin cerdas karena dengan penggabungan ChatGPT dari OpenAI membuatnya bisa membuat teks dan konten dari perintah suara.

2. Personalisasi Home Screen Lebih Mudah

Fitur Control Center di iOS 18 mengalami perubahan desain. Ada lebih banyak fungsi yang ditampilkan pada Control Center. Untuk mengaksesnya Anda hanya perlu swipe down dari Home Screen. Control Gallery juga kini menampung lebih banyak fungsi dari berbagai menu dan aplikasi favorit Anda. Ukuran ikon dan widget kini bisa diubah dan dipindah-pindah posisinya. Warna ikon dan widget bisa dikustomisasi dan disesuaikan dengan warna wallpaper agar terlihat lebih personal.

Update iOS 18 Kustomisasi Ikon dan Widget

3. Galeri Foto: Desain Baru Lebih Intuitif

Galeri foto di iOS 18 terbaru memudahkan Anda cari foto dan video lebih cepat. Anda bisa hemat banyak waktu untuk mencari foto yang paling dicari setiap saat. Koleksi foto disimpan di Library dan dikategorikan berdasarkan foto terbaru, liburan, dan kategori lain yang bisa dibuat. Foto dan video yang penting bisa dipinned. Carousel terbaru menayangkan foto menarik yang di-compile jadi satu.

Galeri Redesign di iOS 18

4. Aplikasi iMessage Lebih Interaktif

Selain bisa menggunakan teks Bold, Italics, Underline, dan Strikethrough, Anda bisa menampilkan efek animasi ke teks, kata, kalimat, dan emoji. Sistem operasi yang lebih cerdas mampu merekomendasikan efek animasi yang cocok dengan konteks pesan.

iMessage Versi iOS Terbaru 18

Dukungan kapabilitas komunikasi via Sattelite di iPhone 14 atau terbaru memungkinkan Anda bisa mengirim pesan iMessage atau SMS tanpa WiFi dan jaringan seluler. iMessage juga hadir dengan fitur Send Later untuk kirim pesan terjadwal. iOS 18 juga mendukung RCS (Rich Communication Services) untuk kirim pesan dan media ke pengguna yang tak menggunakan iMessage.

5. Fitur Baru di Safari

Browser bawaan Safari kini memiliki fitur Highlight. Safari mendeteksi informasi relevan pada suatu halaman web dan menyorotnya. Sorotan dari Safari akan menampilkan informasi yang berhubungan seperti petunjuk arah, telepon, rute, dan hal bermanfaat lainnya. Kemudian, berkat Apple Intelligence, halaman website yang panjang bisa dirangkum untuk memudahkan Anda mengetahui inti dari artikel.

Safari Baru di iPhone iOS 18

6. Kelola Password di Satu Tempat

Password, verifikasi, hingga peringatan keamanan disimpan dalam satu tempat di aplikasi Password. Aplikasi Password menyimpan semua kredensial dengan aman. Anda bisa filter dan urutkan akun berdasarkan yang baru saja dibuat, jenis kredensial, dan apa saja informasi yang dibagikan ke dalam grup. Semua password disimpan dalam aplikasi iCloud yang bisa diakses di iPhone, iPad, Mac, Apple Vision Pro, dan PC Windows. Jika Anda gunakan AutoFill, Password akan disimpan ke aplikasi Password iCloud.

Kelola Password di Satu Tempat iOS Terbaru

7. Fitur Maps Baru untuk Petualang Sejati

Fitur Maps terbaru di update iOS 18 dapat menampilkan peta topografi jalur pendakian. Peta bisa disimpan dan diakses secara offline ketika tidak memungkinkan akses WiFi dan sinyal seluler. Anda juga bisa buat rute pendakian baru. Tambahkan beberapa opsi rute, seperti: jalan satu arah, putar balik, jalur keluar, dan kembali. Fitur baru di Maps sangat membantu untuk pecinta alam sejati. Anda bisa mencari rute baru yang lebih menantang untuk bisa dilalui orang lain di masa depan.

Maps Baru iOS Versi 2024

8. Mode Game di Update iOS 18 Terbaru

Sistem operasi iPhone iOS 18 terbaru hadir dengan Game Mode yang dapat mengurangi aktivitas aplikasi di latar belakang. Mode ini mempertahankan frame rate agar tetap tinggi dan konsisten secara terus menerus. Mode Game juga dapat mengurangi latensi saat menggunakan headset wireless AirPods dan kontroler game nirkabel. Ada juga dukungan Audio Spasial yang memungkinkan pemain bisa merasakan pengalaman gaming lebih hidup.

Game Mode di iOS Terbaru

9. Fitur Privasi Lebih Protektif Menjaga Data Pribadi

iOS 18 memungkinkan pengguna bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat notifikasi aplikasi, bagaimana kontak dibagikan, bagaimana data iPhone tetap aman saat perangkat terhubung ke jaringan atau perangkat lain. Kunci aplikasi dengan Face ID, Touch ID, dan password agar tidak muncul dalam pencarian atau notifikasi.

Agar lebih aman, aplikasi yang dikunci akan disembunyikan ke dalam folder khusus agar tidak muncul di Home Screen. Pengguna iPhone dengan iOS 18 juga dapat mengontrol informasi kontak. Anda bisa pilih kontak tertentu saja untuk dibagikan dengan aplikasi. Saat dihubungkan ke aksesori pihak ketiga, iOS 18 dapat menjaga agar data pribadi Anda tidak bisa diakses.

Bagaimana Cara Download Update iOS 18 ?

iOS 18 akan tersedia untuk berbagai perangkat iPhone yang mendukung di atas. Pembaruan perangkat lunak ini tersedia gratis. Jika Anda ingin mencoba lebih awal, Anda bisa unduh iOS 18 versi Beta melalui beta.apple.com. Namun, akan lebih baik Anda menunggu versi final untuk menjamin kinerja lebih stabil dan fitur yang berjalan tanpa masalah (bug) mengganggu.

iOS 18 akan tersedia di musim gugur tahun 2024 mulai dari seri iPhone Xs hingga versi terbaru. Fitur Apple Intelligence hanya bisa dicicipi pada iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, iPad, Mac dengan chip M1, dan perangkat Apple terbaru lainnya. Fitur-fitur baru di iOS 18 mungkin tidak tersedia di semua wilayah atau bahasa. Anda bisa cek informasi terbaru dan yang lebih lengkap di apple.com/id.

Beli iPhone Terbaru dengan iOS 18

Ingin menikmati fitur baru di update iOS 18 ? Fitur Apple Intelligence adalah yang paling mencuri perhatian. Fitur ini bisa membantu Anda bekerja lebih cepat. Cari informasi juga lebih mudah karena Siri yang diperkuat AI dapat merespon perintah suara dan menjalankan pekerjaan yang rumit. Bhinneka menjual iPhone terbaru dengan iOS 18 mulai dari seri iPhone 13 hingga yang terbaru iPhone 15. Beli iPhone terbaru di sini.

Jika butuh bantuan memilih iPhone yang cocok, silakan konsultasi kebutuhan Anda melalui:

Leave a Reply